H+1 Lebaran, Jalur Puncak Diprediksi Macet

Ilustrasi kemacetan di jalur Puncak Bogor (Foto: dok. Korlantas Polri)

OTO Mounture — Polres Bogor memprediksi jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat akan mengalami kemacetan parah pada H+1 atau satu hari setelah Lebaran. Sebab, kawasan Puncak akan menjadi tempat tujuan wisatawan untuk libur Lebaran.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Dicky Anggi Pranata, meminta masyarakat cermat memilih waktu liburan kali ini agar tidak terjebak macet di momen arus balik mudik. Menurut dia, volume kendaraan yang masuk ke Puncak Bogor akan mengalami kenaikan dibandingkan pada arus lalu lintas (lalin) normal.

“Jadi, untuk trennya sendiri itu jalur Puncak merupakan destinasi wisata, sehingga peningkatan arus volume kendaraan biasa terjadi di H+1 hingga sekian,” kata Dicky seperti dikutip dari Korlantas Polri.

Untuk mengurangi potensi kemacetan, kata dia, kepolisian akan menerapkan rekayasa lalu lintas berupa sistem ganjil genap dan satu arah (one way) secara bergantian seperti biasanya. Selain itu, ada contraflow selepas exit Gerbang Tol (GT) Ciawi apabila terjadi kepadatan.

Dicky, menambahkan bahwa pihaknya juga menerjunkan ribuan personel gabungan untuk merekayasa lalu lintas agar tidak ada dampak kepadatan kendaraan. Pengamanan di sejumlah titik pun akan dioptimalkan guna mencegah potensi pelanggaran dan kecelakaan seperti menyiapkan pos pengamanan, pelayanan, dan terpadu.

“Pemudik lokal seperti ke Cianjur, Bandung sendiri kami prediksi di saat ini mulai tanggal 30, 1, dan 2. Namun, hanya segelintir masyarakat yang akan menggunakan jalur wisata ini karena memang pada hari-harinya juga jalur wisata cukup padat dengan para wisatawan,” ungkap Dicky.

“Kita total ada enam rest area, kalo Pospam (pos pengaman) ada empat. Mobil derek juga sudah ada di tiga titik seperti di jalur bawah, tengah, dan atas,” tutupnya. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *