Gandeng UMKM Lokal, Lazada Hadirkan Pojok Otomotif

OTO Mounture — Usai terpuruk tahun lalu, kini pasar otomotif Indonesia mulai menggeliat kembali meski masih terselimuti pandemi Covid-19. Hal ini pula yang membuka peluang besar bagi para seller dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang fokus menjual produk-produk motor dan mobil.

Menanggapi hal itu, marketplace Lazada menghadirkan Pojok Otomotif, yaitu kanal khusus otomotif yang dikembangkan dengan menggandeng seller dan UMKM lokal, untuk memberikan produk dan servis berkualitas baik untuk mobil maupun motor dengan harga terjangkau bagi konsumen.

Chief Customer Officer dan Head of GM Category Lazada Indonesia, Ferry Kusnowo, mengatakan Lazada melihat adanya pertumbuhan pesat di kategori otomotif Lazada, baik dari sisi penjualan yang meningkat hingga tiga kali lipat, dan juga dari sisi traffic yang meningkat hingga dua kali lipat selama 1 tahun terakhir.

Ia menuturkan, Pojok Otomotif adalah kanal terbaru yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen akan produk otomotif lokal berkualitas global dan harga terjangkau, dengan menggandeng seller otomotif lokal.

“Kami melihat di Indonesia banyak seller produk-produk otomotif yang potensial, sehingga kami merangkul para seller hingga ke berbagai daerah di seluruh Indonesia. Tujuannya tentu agar konsumen produk otomotif, bisa dengan mudah menjangkau mereka serta bagi para seller dapat memperluas jangkauan pasarnya,” katanya pada acara bincang virtual yang dihelat Forum Wartawan Otomotif (Forwot).

Menurut dia, ini sejalan dengan komitmen pihaknya di Lazada yang selalu mendukung seller lokal, mengembangkan industri otomotif Indonesia, hingga pada akhirnya berkontribusi dalam menstimulasi perekonomian nasional.

Melalui Pojok Otomotif, lanjut Ferry, Lazada secara aktif melakukan berbagai kolaborasi untuk memudahkan seller pelaku UMKM otomotif, salah satunya berkolaborasi dengan berbagai diler untuk memudahkan seller dan pelaku UMKM motor dan mobil mendapatkan spare parts dan aksesoris dengan harga yang lebih terjangkau, tanpa harus membeli secara grosir.

“Lazada juga menggandeng bengkel lokal untuk menjual servisnya di Pojok Otomotif,” tutur dia.

Sementara Ricky Sanjaya, Manager Key Account Management Automotive Category Lazada Indonesia, mengungkapkan selain melakukan kolaborasi yang bermanfaat, khususnya bagi pengusaha kecil dan konsumen, pihaknya juga berinisiatif menggandeng bengkel-bengkel, untuk memasarkan servis mereka secara online lewat Pojok Otomotif di Lazada.

“Ini membantu bengkel menjangkau konsumen yang lebih luas, dan membuka kesempatan untuk mendapatkan pelanggan baru. Konsumen pun dapat lebih mudah memilih servis yang mereka inginkan, dan menyelesaikan transaksi dengan nyaman di aplikasi, sebelum membawa kendaraan mereka ke bengkel pilihan. Hingga saat ini, ada lebih dari 800 bengkel yang menawarkan servis mereka di Lazada, dan rata-rata telah merasakan peningkatan pengunjung hingga dua kali lipat,” ungkapnya.

Untuk merangkul lebih banyak konsumen, kata Ricky, Pojok Otomotif kerap menghadirkan beragam kampanye promo mingguan untuk konsumen, seperti Bursa Suku Cadang Otomotif, Pameran Otomotif Online, Pojok Otomotif serta Pejantan Tangguh.

Hingga akhir tahun 2021, Lazada berkolaborasi dengan Yamaha Indonesia dalam program Give Away Pojok Otomotif, yang memberikan kesempatan untuk mendapatkan satu unit motor Yamaha setiap bulan. Untuk syarat dan ketentuan, cek di Instagram @Lazada_id dan kunjungi Pojok Otomotif di platform Lazada. (OM/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *