Menteri Perindustrian Resmi Buka IMOS 2023, Harapkan Penjualan Domestik Motor Terus Naik

OTO Mounture — Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita resmi membuka perhelatan Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023 yang digelar Asosiasi Sepeda Motor Indonesia (AISI) di ICE, Tangerang, Rabu, 25 Oktober 2023.

Wakil Ketua I AISI, Sutarya, mengatakan industri sepeda motor Indonesia terus berkembang menyusul semakin kondusifnya kondisi perekonomian pasca pandemi covid 19.

“Dengan peningkatan kondisi ekonomi, kami mencatat penjualan sepeda motor domestik sebanyak 4,7 juta unit dari Januari – September, menunjukkan pertumbuhan sebesar 30,7% dibandingkan tahun sebelumnya,” ujarnya pada acara pembukaan IMOS+ 2023 di ICE, Tangerang.

Ia menambahkan, AISI berharap IMOS+ 2023 dapat memberikan edukasi bagi konsumen terkait perkembangan teknologi terkini terhadap industri otomotif saat ini.

“Dengan penyelenggaraan IMOS+ pada tahun ini, kami menegaskan komitmen AISI untuk memimpin industri sepeda motor Indonesia ke arah yang lebih hijau dan ramah lingkungan. Dengan mengusung tema Clean Innovation for Better Life, mencerminkan tekad AISI untuk mendukung perkembangan teknologi ramah lingkungan,” katanya.

Untuk itu, lanjut Sutarya, IMOS+ 2023 akan menghadirkan ragam peserta yang lebih lengkap dari berbagai lini industri sepeda motor, dari produk motor Internal Combustion Engine, motor berbasis listrik, hingga berbagai merek dari industri pendukung.

BACA JUGA:

IMOS 2023: AHM Luncurkan New Honda Scoopy dengan Garansi Rangka 5 Tahun

Piaggio Indonesia Luncurkan Genuine Vespa Helmet, Harganya Rp1 Jutaan

Sementara Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, mengatakan pertumbuhan industri alat angkut tidak terlepas dari sektor otomotif, khususnya roda dua.

“Khusus kendaraan bermotor roda dua penjualan domestik sampai September tecatat 4,7 juta unit dan ekspor 428 ribu unit. Angka tersebut meningkat di periode yang sama tahun 2022 dimana tercata 3,6 juta unit ekspor 586 ribu unit,” ungkapnya.

Agus, menambahkan bahwa target akhir tahun 2023 penjualan domestik akan terus naik hingga mencapai 6,1 juta unit. “Saya juga mendorong agar ekspor bisa naik agar setara dengan angka tahun lalu yaitu 743 ribu unit,” tutur dia.

IMOS+ 2023 menghadirkan lebih dari 50 merek dari industry kendaraan bermotor berpatisipasi, termasuk didalamnya 16 merek sepeda motor dan motor listrik, yakni sepeda motor merek anggota AISI seperti Astra Honda Motor, Suzuki, Yamaha, serta merek sepeda motor lain, Royal Enfield dan Scomadi.

Termasuk juga merek sepeda motor listrik ALVA, Charged EV, Dhelvic, Greentech, Gova EV, Ion Mobility, Kool EV, Lisgo, Polytron, Savart EV, dan Selis.

IMOS+ 2023 didukung juga oleh puluhan merek dari berbagai industri pendukung diantaranya ban, spareparts, pelumas mesin, aksesoris seperti helm dan apparel, serta berbagai peralatan pendukung berkendara lainnya lainnya juga turut hadir meramaikan ajang IMOS+ 2023. (OM/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *