Mitsubishi XForce, Produksi Indonesia yang Mendunia

OTO Mounture — Persaingan industri otomotif di Indonesia terbilang cukup sengit, di mana sejumlah jenama berlomba-lomba menawarkan ragam pilihan dengan sederet fitur dan teknologi yang mumpuni. Adapun salah satu segmen yang saat ini masih cukup diminati masyarakat Indonesia ialah low sport utility vehicle (LSUV).

Di antara banyaknya model di segmen tersebut, Mitsubishi XForce menjadi salah satu produk yang perlu diperhitungkan di segmen LSUV. Besutan pabrikan berlambang tiga berlian itu memang baru meluncur pada medio Oktober 2023, namun perjalanannya cukup mengejutkan pasar otomotif tanah air.

Berawal dari sebuah model konsep yang diperkenalkan dengan nama XFC Concept di Vietnam, produk ini lalu diperkenalkan secara resmi ke publik Indonesia pada 31 Juli 2023 dengan nama The New SUV Mitsubishi.

Sebelum akhirnya diluncurkan secara global pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2023 dengan nama resmi XForce. Saat ini, XForce telah diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Bekasi, Jawa Barat.

Selain dipasarkan di Indonesia, Mitsubishi XForce juga diekspor ke negara-negara ASEAN lainnya, Asia Selatan, Amerika Latin, Timur Tengah, dan juga Afrika.

BACA JUGA: Mitsubishi Catat 2.719 SPK di IIMS 2024

Menariknya, Mitsubishi mengaku bahwa XForce dikembangkan untuk menjawab kebutuhan pengemudi di kawasan ASEAN dan telah melalui uji coba secara berulang di kawasan tersebut.

Mitsubishi XForce hadir dengan sejumlah fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh pesaingnya. Sebut saja empat mode berkendara (Normal, Wet, Gravel, dan Mud) yang bisa disesuaikan tergantung kondisi jalan dan cuaca.

Kemudian kenyamanan suspensi yang dibangun pada Mitsubishi XForce disebut telah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan pasar Indonesia dan target pasar ekspornya. XForce memiliki ground clearance 222 mm, Well-Tuned Suspension untuk kenyamanan berkendara, Easy Handling, dengan radius putar yang kecil (5.2m) dan steer kemudi yang ringan, Active Yaw Control (AYC), dan Connected Car Service.

Selain itu, mobil ini menghadirkan ‘senjata rahasia’ yang berguna untuk menggenjot performa, yakni Drive Sport (DS). Brand Ambassador Mitsubishi Motors di Indonesia, Rifat Sungkar, mengungkapkan bahwa fitur DS ini menjadi salah satu cara untuk meningkatkan performa kendaraan.

“DS ini akan memanipulasi transmisi untuk bereaksi lebih cepat. Tujuan utamanya benar di D-Sport. Jadi bukan Eco yang dikejar karena orang itukan ada kebutuhan buru-buru, ada kebutuhan untuk fuel consumption,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: 5 Masalah Mobil yang Rawan Terjadi di Musim Hujan

Selanjutnya Dynamic Sound Yamaha Premium, sebuah sistem audio yang dikembangkan atas kolaborasi semangat dan teknologi Mitsubishi Motors dengan Yamaha, melibatkan engineer Mitsubishi Motors dan Yamaha Sound Meister, menciptakan dynamic sound untuk sistem audio tingkat tinggi.

Model ini juga mengusung kenyamanan untuk pengemudi dan penumpang dengan ruang kabin shoulder room, leg room dan hip room yang terluas di kelasnya, diperkuat dengan 8-step reclining (17 hingga 33 derajat), konfigurasi kursi belakang 40:20:40 dengan seat material dengan fitur anti heat guard technology.

Terdapat pula fitur Dual Zone Auto Climate Control, di mana kontrol AC tak hanya ada pada pengendara saja tapi juga di kursi penumpang. Kini, penumpang juga bisa melakukan pengaturan suhu di kabin sesuai keinginan masing-masing. Tak hanya itu, AC yang disematkan pada XForce juga telah dilengkapi teknologi NanoeX.

Fitur ini menjadi salah satu solusi bagi pengguna yang ingin mendapatkan udara sejuk di tengah polusi udara yang terus meningkat di wilayah perkotaan, khususnya di Jabodetabek.

BACA JUGA: Penjualan Motor di Indonesia Capai 592 Ribuan Unit pada Januari 2024

Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Hikaru Mii, mengatakan bahwa teknologi NanoeX mampu membunuh bakteri yang masuk ke dalam kabin kendaraan serta menghambat pertumbuhannya, sangat cocok bagi semua orang, termasuk pengguna keluarga.

“Teknologi NanoeX tak hanya dapat membunuh bakteri saja, tapi juga dapat menghilangkan bau tidak sedap di dalam kabin yang membuat penumpang tidak nyaman saat berkendara,” katanya.

Pada sektor keamanan, Mitsubishi membenamkan beberapa fitur pada XForce, di antaranya 4 airbags (driver, passenger dan side airbags), serta beberapa fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) seperti Active Stability Control, Hill Start Assist, Blind Spot Warning, serta Rear Cross Traffic Alert, Tire Pressure Monitoring System, dan sebagainya.

Selain itu, terdapat juga fitur unik yakni Driving Score, di mana fitur memberikan sensasi dan kesenangan dalam berkendara. Fitur ini menampilkan nilai atau skor dari berkendara yang akan tampil pada layar head unit. Nilainya diberikan berdasarkan dari cara akselerasi, berkendara dan kebiasaan pengereman dengan skor dari 0 sampai 100.

Mitsubishi XForce dipasarkan dengan harga Rp379.900.000 untuk varian Exceed CVT dan Rp412.900.000 untuk Ultimate CVT dengan status on the road (OTR) DKI Jakarta.

(om/ls)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *