Kia Motors Buka Pemesanan Mobil Listrik Ray EV

Foto: KIa Motors

OTO Mounture — Pabrikan otomotif asal Korea, Kia mulai membuka pemesanan untuk mobil listrik kompaknya, Kia Ray EV pada 24 Agustus kemarin dengan harga mulai 27,35 juta Won atau sekitar Rp316 juta.

Melalui keterangan resmi Kia Motors, disebutkan bahwa mobil ini dilengkapi dengan sebuah motor listrik berdaya 64,3 kW yang mampu menggelontorkan tenaga hingga 86 hp dan torsi 147 Nm. Adapun tenaga dan torsi itu lebih besar 15% dan 55% dibanding Kia Ray versi konvensional.

Kia Motors membekalinya dengan baterai LFP berdaya 32,2 kWh yang diklaim mampu berjalan hingga sejauh 205 kilometer (untuk perjalanan jarak jauh ke luar kota). Sedangkan jika digunakan di dalam kota, mampu berjalan hingga sejauh 233 kilometer.

Proses pengisian baterainya terbilang cukup cepat. Jika menggunakan perangkat pengisian cepat berdaya 150 kW, maka proses pengisian daya baterai darai kondisi daya 10 persen menjadi 80 persen, hanya membutuhkan waktu 40 menit.

Sedangkan jika memakai perangkat pengisian daya 7 kW, proses pengisian daya baterai dari 10 persen menjadi 100 persen memerlukan waktu enam jam.

BACA JUGA:

Kiat Pilih Oli Mesin Sesuai Jenis Kendaraan

XForce Dominasi Penjualan Mitsubishi di GIIAS 2023

“Kia Ray EV ini merupakan mobil kompak Korea pertama yang dilengkapi rem elektronik dan rem parkir elektronik. Bahkan mempunyai fitur cruise control dan blind spot,” demikian pernyataan Kia Motors.

Kehadiran mobil listrik terbarunya tersebut diharapkan mampu memacu penjualan mobil Kia di pasar otomotif global. Data internal Kia Motors, menunjukkan sepanjang Januari hingga Juli 2023 ini, Kia Motors menjual 1.836.495 mobil di pasar global.

Jumlah itu naik 9,4% dibanding penjualan selama periode sama di tahun lalu, yang sebanyak 1.679.219 unit. Dari total penjualan di tujuh bulan pertama tahun ini, sebanyak 1.493.811 dibukukan di luar Korea. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *