Fuel Pump Bermasalah, Toyota Recall 6 Produknya di Indonesia

OTO Mounture — PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan kampanye penarikan kembali (recall) untuk 6 produknya terkait masalah pada pompa bahan bakar atau fuel pump. Kampanye ini merupakan tindak lanjut recall yang dilakukan Toyota Motor Corporation (TMC) pada awal Maret 2020 lalu untuk 3,2 juta unit di seluruh dunia.

Ke-6 produk yang terdampak recall itu antara lain Toyota Alphard produksi tahun 2017-2018, Corolla lansiran tahun 2018, FJ Cruiser produksi tahun 2013-2014, Kijang Innova produksi tahun 2017-2019, Fortuner buatan tahun 2017-2019, dan Hilux produksi tahun 2017-2019.

Secara keseluruhan terdapat sekitar 36.841 unit yang terkena recall dari Toyota Indonesia. Kendati demikian, tidak semua kendaraan dalam rentang tahun produksi yang disebutkan harus mengikuti program ini. Artinya, hanya VIN (Vehicle Identification Number) tertentu yang terdampak.

Adapun Toyota beralasan recall ini dilakukan setelah pabrikan menemukan masalah terhadap komponen fuel pump atau disebut pompa bahan bakar. Di mana ada potensi mekanisme baling-baling rotor fuel pump berubah bentuk seiring waktu pemakaian.

Hal itu dapat menyebabkan pompa bahan bakar tidak dapat beroperasi, sehingga membuat mesin mati (dalam kecepatan rendah). Tak cuma itu, pada situasi tertentu mesin juga bisa mati mendadak saat dalam kecepatan tinggi, sehingga dapat meningkatkan risiko kecelakaan yang fatal.

Toyota Indonesia pun memberikan penggantian komponen itu secara cuma-cuma alias gratis, dengan estimasi pengerjaan yang membutuhkan waktu 2-4 jam, tergantung model kendaraan.

Vice President PT TAM, Henry Tanoto, mengatakan bahwa sebagai wujud komitmen Toyota Beyond Service dan menghadirkan peace of mind bagi pelanggan, Toyota terus memperhatikan produk-produk yang bahkan sudah berada di pelanggan sekalipun.

“TAM sudah mengirimkan surat pemberitahuan kepada pemilik mobil yang terimbas recall, untuk selanjutnya melakukan booking service pada diler resmi Toyota terdekat agar menyiapkan part dan teknisi pada waktu yang dijanjikan,” ujar Henry.

Bagi konsumen yang ingin mengetahui informasi dan mencari tahu status kendaraannya, bisa memasukkan nomor kendaraan di laman www.toyota.astra.co.id. Atau bisa juga dengan melakukan pengecekan lewat nomor layanan pelanggan di 500-315, atau datang langsung ke jaringan purna jual terdekat.

Dalam hal kampanye recall yang dilakukan TAM, kendaraan yang terdampak pengerjaannya harus dilakukan di bengkel resmi, dan tidak bisa diterapkan menggunakan Toyota Mobile Service maupun Toyota Home Service di rumah. Untuk turut mengikuti protokol kesehatan dan ketentuan physical distancing akibat pandemi Covid-19, penggantian bisa dilakukan setelah masa darurat selesai.

Meski demikian, pihak Toyota menyarankan kepada pemilik kendaraan agar wajib memperhatikan peringatan dan indikator di mobilnya, manakala terdapat malfungsi, untuk selanjutnya memberitahukannya ke diler maupun pusat layanan Toyota. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *