Hino dan KNKT Gelar Seminar Nasional Peduli Keselamatan Berlalu Lintas

Ilustrasi (dok. Hino)

OTO Mounture — PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan didukung oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan menggelar seminar online bertajuk ‘Hino Peduli Keselamatan Berlalu Lintas’.

Acara ini disebut digelar guna memberikan informasi keselamatan dan keamanan dalam berkendara untuk mengurangi angka kecelakaan lalu lintas. Acara ini diikuti sebanyak 686 peserta dari 354 perusahaan yang terbagi dalam 4 batch seminar yang dimulai dari 20 – 23 April 2021.

Chief Operating Officer (COO) – Direktur HMSI, Santiko Wardoyo, mengatakan keselamatan saat berkendara merupakan hal yang sangat penting, sehingga pihaknya terus dan secara berkala mengadakan pelatihan-pelatihan dan seminar guna mendukung program keselamatan di jalan.

“Melalui seminar ini, kami turut mengajak pengemudi dan seluruh lapisan perusahaan untuk menjadi Pelopor Keselamatan Berlalulintas dengan melaksanakan siap menaati peraturan lalu lintas, kemudian siap kondisi pengendara, dan siap kondisi kendaraannya,” katanya.

Seminar Hino Peduli Keselamatan Berlalu lintas dilaksanakan secara nasional, di mana hari pertama peserta yang merupakan pengemudi atau tim operasional dari pelanggan setia Hino baik truk maupun bus hadir dari area Jabotabek dan Jawa Barat.

Sementara pada batch kedua digelar untuk para peserta yang hadir dari wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Sedangkan hari ketiga para peserta hadir dari area Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Di hari keempat atau penutupan peserta hadir dari wilayah Sumatera.

Selama 4 hari seminar digelar, para peserta diberikan materi pelatihan dari dua narasumber yaitu KNKT yang di wakili oleh Senior Investigator, Ahmad Wildan memaparkan mengenai hasil investigasi kecelakaan yang terjadi dan temuan penyebab terjadinya kecelakaan.

Sementara itu Hino memberikan informasi terkait dengan pemeriksaan harian kendaraan sebelum beroperasi, prosedur pengereman yang baik dan benar, serta tindakan ketika berada dikondisi darurat.

Ketua KNKT, Soerjanto Tjahjono, mengucapkan terima kasih kepada Hino yang sudah memenuhi standar pelatihan bagi pengemudi, dan juga Hino mau berdiskusi untuk terus mengedepankan keselamatan di jalan.

“Karena peran pengemudi sangat vital bagi kehidupan kita sehari-sehari, terutama dalam menggerakan perekonomian. Untuk itu, kita harapkan dengan seminar ini, kita berbagi informasi mengenai penyebab kecelakaan, sehingga dapat diambil pelajaran dan kedepannya dapat dicegah tidak terulang kembali,” kata dia. (OM/RIL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.