Trik Maksimalkan Head Unit di Mobil untuk Hiburan

Head Unit pada Suzuki Baleno – Foto: Suzuki Indonesia

OTO Mounture — Sebagai perangkat hiburan yang utama di dalam mobil, head unit akan berguna untuk menjadi teman selama perjalanan. Mulai dari pemutaran musik, penunjuk jalan, dan fungsi lainnya dalam satu layar.

Seperti halnya fitur pada head unit yang dibenamkan pada Suzuki Baleno, di mana pengguna bisa memaksimalkan penggunaannya dengan beberapa cara seperti dikutip dari siaran pers Suzuki Indonesia di antaranya:

1. Fitur konektivitas ponsel pintar

Mayoritas mobil kini sudah dibekali dengan head unit modern yang mampu terkoneksi dengan dengan ponsel pintar, seperti Apple CarPlay dan Android Auto yang sangat memudahkan pengguna dalam perjalanan karena akses untuk hiburan, mengatur navigasi arah, dan sebagainya bisa terintegrasi dalam satu layar utama head unit.

Fitur konektivitas ponsel pintar dapat diakses dengan mudah karena sudah terintegrasi dengan sistem ponsel pintar masing-masing. Pengguna Apple CarPlay sebagai contoh, hanya perlu menyalakan sambungan bluetooth dan secara instan akan muncul pop up yang menawarkan sambungan Apple CarPlay atau bluetooth ke head unit mobil.

Konektivitas dapat dilakukan secara nirkabel ataupun menggunakan kabel USB dan head unit akan langsung tersambung. Cara yang sama juga berlaku untuk pengguna android melalui Android Auto.

Berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di ponsel pintar juga dapat dilakukan melalui head unit seperti menerima panggilan, membaca, mengirim, dan membalas pesan, mengakses layar navigasi, dan menyetel musik lewat platform pemutar musik favorit dengan tampilan orisinil seperti pada ponsel pintar.

Pengguna bahkan juga bisa menampilkan lirik lagu pada head unit bila dibutuhkan untuk menyanyi bersama dalam mobil.

BACA JUGA: Penjualan Suzuki Carry Melonjak pada Oktober 2023, Terlaris di Sumatera

2. Mengontrol volume dan pilihan musik lewat tombol kendali di setir mobil

Menikmati musik di dalam mobil kini jauh lebih menyenangkan berkat tuas kontrol pada roda kemudi. Biasanya tuas kontrol untuk hiburan dapat ditemukan pada sisi kiri setir.

Pengguna kendaraan bisa menaikkan atau menurunkan volume suara, memindahkan pilihan musik maju atau mundur, dan berpindah frekuensi siaran dalam jangkauan sembari tetap fokus pada kondisi mengemudi.

Pengguna bahkan bisa memanfaatkan fitur voice command atau perintah suara untuk mengakses daftar putar atau mencari musik favorit namun tetap nyaman dan aman saat menyetir.

Tuas kontrol lainnya seperti mengangkat atau menutup panggilan telepon, mengganti mode sumber audio, hingga membisukan suara audio juga bisa dilakukan lewat tombol-tombol yang bisa dijangkau dengan mudah. Selain pada setir, tuas kontrol ini juga bisa ditemukan pada bagian bawah layar head unit Baleno dan Grand Vitara.

3. Manfaatkan pengaturan Equalizer untuk memaksimalkan pengalaman carpool karaoke

Bagi para pecinta musik, tentu akan selalu mencari pengalaman mendengarkan lagu yang menyenangkan lewat pengaturan ulang frekuensi suara pada equalizer mobil.

Setiap sistem audio kendaraan memiliki setelan dasar yang berbeda-beda sehingga pengguna dianjurkan untuk menyesuaikan ulang frekuensi audio seturut preferensi masing-masing.

Pada fitur equalizer biasanya sudah disajikan preset untuk jenis musik yang berbeda, atau dapat juga menyetel ulang kekuatan bass, treble, fade, dan balance sesuai dengan tipe musik yang akan didengar.

(om/ril)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *