Tips Memilih Oli untuk Motor Matik

Ilustrasi penggantian oli mesin motor (dok. Google)

OTO Mounture — Melakukan perawatan pada sepeda motor merupakan suatu hal yang penting demi kelancaran dan untuk menjaga performa tunggangan. Salah satu jenis perawatan yang penting bagi ‘kuda besi’ itu adalah mengganti oli.

Oli sendiri berfungsi untuk melumasi komponen yang berada di dalam mesin, agar mesin terhindar dari gesekan dan tetap awet. Adapun oli mempunyai bahan yang halus sehingga mampu mencegah benturan antara logam yang ada pada mesin.

Namun, oli memiliki karakteristik sendiri tergantung peruntukkannya, yaitu motor  bebek hingga motor matik. Nah berikut ini tips memilih oli untuk motor matik seperti dikutip dari laman Federal Oil, baru-baru ini.

1. Sesuaikan dengan rutinitas

Jika kalian sering melalui jalur yang padat dan macet, maka kalian membutuhkan oli mesin yang memiliki zat aditif. Sebab, pelumas yang memiliki zat aditif mampu mengurangi panas berlebihan pada mesin motor.

2. Sesuaikan kekentalan

Kekentalan pelumas mesin motor matik berbeda dengan jenis motor bebek dan sport, oleh karena itu perlu kekentalan yang tepat. Cari oli mesin dengan kekentalan API SL (Standart American Petroleum Institute) L yang sangat sesuai dengan kebutuhan sepeda motor matik.

3. Pilih oli berkualitas

Pilihlah oli yang memiliki sertifikat API dan JASO. Adanya sertifikat API ini berarti oli sudah diuji oleh American Petroleum Institute dan banyak dipakai di negara Eropa. Sedangkan sertifikat JASO berarti oli telah di cek kualitas oleh Japanese Automotive Standar Association dan oli ini juga banyak dipakai di Jepang. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *