Persiapkan Hal Ini saat Touring di Musim Hujan

Ilustrasi touring (dok. Forwot)

OTO Mounture — Melakukan perjalanan jauh dengan mengendarai kendaraan roda dua, atau biasa disebut touring merupakan salah satu aktivitas yang sangat ditunggu-tunggu oleh para penunggang kuda besi alias bikers.

Namun, melakukan touring di saat musim hujan seperti saat ini bisa menjadi kendala bagi para bikers untuk menghelat kegiatan tersebut. Untuk itu, para bikers pun diminta untuk mempersiapkan segalanya untuk menunjang aktivitas touring tersebut untuk kelancaran dalam perjalanan.

Nah, berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum touring saat musim hujan.

1. Jaket

Jaket merupakan salah satu piranti penting saat berkendara sepeda motor, namun tak semua jaket bisa dipakai untuk touring. Sebab, saat touring diperlukan jaket yang tebal untuk menutupi tubuh dan bagian leher, pergelangan tangan, pinggul serta dilengkapi dengan sistem protector atau pelindung. Kalau di musim hujan, jaket ini juga bisa menghindarkan bikers dari dinginnya cuaca.

“Tujuan dari jaket yang desainnya menutupi anggota tubuh adalah untuk meminimalisir cedera saat terjadi kecelakaan,” ujar Instruktur Senior Safety Riding PT Daya Adicipta Motora (DAM), Asep Wawan di Jakarta, beberapa waktu lalu.

2. Helm

Selain jaket yang wajib digunakan saat touring, helm juga menjadi salah satu perangkat keamanan yang wajib digunakan oleh bikers. Pastikan helm yang digunakan memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI), baik yang helm half face maupun full face, lalu sesuaikan ukuran helm dengan kepala pengendaranya.

“Menggunakan helm yang tidak pas dengan pengendaranya akan membuat perlindungan menjadi kurang maksimal dan juga membuat pengguna tidak merasa nyaman,” terang Asep.

Bagian helm yang juga tidak kalah penting adalah tali pengikat helm beserta pengancingnya, jika berkendara pastikan tali helm telah terkunci dengan sempurna. Pastikan sirkulasi udara di dalam helm berjalan dengan baik agar tak menimbulkan kabut berlebihan dari nafas sendiri. Kalau perlu gunakan anti fog yang banyak dijual di toko helm.

3. Pakaian ganti dan alas kaki

Kegiatan touring merupakan aktivitas yang menempuh perjalanan jauh, oleh karenanya diperlukan persiapan dalam hal pakaian ganti selama touring berlangsung. Selain itu, perlu mempersiapkan alas kaki yang sesuai. Terutama di saat hujan, di mana bikers akan sering melakukan penggantian pakaian.

Disarankan pada saat perjalanan touring, gunakanlah sepatu touring yang terbuat dari bahan kuat dan tahan air dan tentunya nyaman digunakan. Sepatu touring yang bagus pasti mempunyai 3 bagian pelindung, yaitu pelindung pada bagian mata kaki (ankle), tulang kering (bone shine) dan jari kaki (toe slider).

4. Jas hujan

Ketika musim hujan seperti saat ini, untuk kenyamanan saat berkendara, maka bikers perlu mempersiapkan jas hujan yang berwarna terang. Pasalnya, pada saat hujan jarak pandang akan berkurang, dan dengan menggunakan jas hujan berwarna cerah memudahkan bikers lain melihat.

Namun jika intensitasnya cukup tinggi dalam kadar yang besar, sebaiknya berhenti menunggu mulai reda. Jika memaksakan dalam kondisi hujan deras, dikhawatirkan terjadi kondisi pengereman yang tidak optimal atau pohon tumbang yang membahayakan bikers.

5. Obat dan P3K

Hal lain yang wajib diperhatikan adalah adanya obat-obatan dan kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) dalam perjalanan touring menggunakan sepeda motor. Karena selama perjalanan bisa saja dihadapkan pada hal-hal yang tidak terduga untuk itu perlu dipersiapkan kebutuhan obat khususnya bagi bikers yang memiliki obat khusus pribadi yang sangat penting untuk dibawa.

6. Kendaraan

Sepeda motor pun perlu dipersiapkan mulai dari kondisi ban, rem, sistem kemudi dan juga mesin tentunya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa membahayakan diri sendiri ataupun orang lain. Karena faktor keselamatan adalah yang paling utama.

7. Siapkan kondisi fisik

Tak melulu soal kendaraan, dan pirantinya, kondisi fisik pengendara pun perlu diperhatikan sebelum melakukan touring. Jaga kondisi sebelum touring, istirahat yang cukup dan beristirahatlah jika sudah merasa lelah selama touring untuk menghindari kecelakaan diakibatkan kondisi fisik yang lelah atau mengantuk. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.