Perawatan Penting untuk Mobil Bermesin Turbo

(Mitsubishi Motors)

OTO Mounture — Perkembangan teknologi yang kian pesat turut mempengaruhi lini kehidupan, termasuk dalam hal kendaraan. Di mana kendaraan saat ini telah menggunakan teknologi yang makin canggih, seperti halnya teknologi mesin turbo.

Saat ini banyak kendaraan bermotor telah menerapkan teknologi turbo di mesinnya, bahkan mesin turbo digunakan sebagai mesin standar mobil-mobil modern. Fungsi piranti turbo adalah memanfaatkan aliran udara panas dari gas buang mesin untuk memutar baling-baling turbin sehingga menghasilkan udara yang terkompresi dalam volume yang banyak.

Udara dari turbo tersebut didinginkan lewat intercooler sebelum di kirim ke dalam mesin yang dapat membantu proses pembakaran bahan bakar supaya lebih optimal. Hasilnya dapat meningkatkan performa ketika dipacu di jalanan, namun juga mobil jadi tetap irit bahan bakar.

Kendati demikian, mesin turbo ini masih menjadi pertanyaan bagi sebagian orang yang belum paham mengenai mesin mobil. Banyak dari mereka merasa takut memiliki mobil dengan mesin turbo dikarenakan bingung dalam hal perawatan, serta biayanya. Melansir dari laman Mitsubishi Motors, berikut ini perawatan penting untuk mobil bermesin turbo.

1. Periksa dan ganti oli mesin secara rutin

Sama seperti mobil pada umumnya, pemeriksaan oli mesin di mobil dengan turbo ini sangat diperlukan. Perhatikan juga spesifikasi oli mesin yang dianjurkan oleh pabrikan mobil. Jangan sampai Anda terlewat untuk mengganti oli mesin, karena piranti turbo ini sangat membutuhkan kualitas oli yang sangat baik untuk melumasi bagian-bagian penting di dalamnya.

2. Gunakan bahan bakar yang tepat

Penggunaan bahan bakar yang tepat juga sangat dianjurkan bagi mobil bermesin turbo. Seperti diketahui, bahan bakar yang sangat dianjurkan pada mobil masa kini yaitu dengan kadar oktan di atas 92. Sebab, jika menggunakan oktan yang tepat sesuai rekomendasi pabrikan, maka sistem pembakarannya akan lebih sempurna.

Terutama bagi mobil turbo ini yang diharuskan menggunakan bahan bakar berkualitas sehingga performa mesin mobil akan lebih meningkat dan lebih irit bahan bakar.

3. Rajin bersihkan filter udara

Kinerja mesin turbo ini sangat ditentukan dari masuknya pasokan udara ke dalam mesin. Untuk itu sebaiknya Anda harus rajin membersihkan saringan udara ini. Jika sampai saringan udara kotor maka fungsi turbo ini akan menjadi tidak maksimal. (MC/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *