Penyebab Electric Stater Tidak Berfungsi

dok. Suzuki Indonesia

OTO Mounture — Penggunaan electric stater pada sepeda motor merupakan cara untuk mempermudah saat akan menghidupkan mesin motor, tanpa harus melakukan injakan di kick stater. Namun, terkadang electric stater ini juga seringkali ngadat atau tidak berfungsi dengan baik.

Tidak berfungsinya electric stater terkadang dianggap karena masalah pada aki yang soak, namun ternyata ada banyak hal yang bisa menjadi biang kerok electric starter tidak berfungsi. Berikut ini faktor penyebab tidak berfungsinya electric stater pada sepeda motor seperti dilansir dari laman Suzuki Indonesia.

1. Switch starter

Switch starter merupakan komponen yang berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik. Saat electric starter tidak berfungsi, sebaiknya Anda pastikan dulu jika komponen ini benar-benar berfungsi.

Caranya, sambungkan kabel antara switch starter tersebut, jika terdengar bunyi cekrek-cekrek atau malah tidak berfungsi, itu tandanya switch starter sudah rusak atau kotor dan perlu dibersihkan.

2. Bendik

Bendik berguna untuk memicu aliran listrik dari api yang nanti akan diumpankan ke dinamo starter. Jika bendik mengalami masalah kerusakan, sudah tentu arus listrik tidak akan mampu melewati dinamo starter, dan mesin pun tidak akan menyala.

Untuk memastikannya, coba dengarkan baik-baik komponen yang satu ini. Jika switch starter ditekan dan bendik tidak merespon atau tidak ada suara apapun, maka Anda patut curiga masalahnya pada bendik.

3. Dinamo starter

Kerusakan dinamo starter tergolong cukup langkah karena komponen ini tergolong aman. Biasanya, kerusakan dinamo starter disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet atau sebab lainnya.

Untuk kerusakan dinamo starter bisa dicek dengan cara, jika bendik bereaksi saat switch starter ditekan (dalam kondisi on), patut dicurigai kerusakannya di bagian komponen ini.

4. Accu soak

Jika seluruh komponen dipastikan dalam kondisi bagus, maka penyakit terakhir yang mungkin terjadi adalah, accu yang sudah soak. Tentu saja untuk memastikannya, Anda bisa menggunakan accu lain yang masih bagus sebagai pemancing.

Jika accu sudah soak, solusi paling jitu adalah dengan membeli accu baru (jika Anda menggunakan accu kering). Untuk accu basah, Anda bisa mengganti cairan accu kemudian menyetrumnya kembali. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.