Motor Mogok? Ini Penyebabnya

Ilustrasi (dok. Suzuki Indonesia)

OTO Mounture — Saat memiliki sepeda motor, pemilik kendaraan seringkali dihadapkan dengan beberapa persoalan pada tunggangannya, salah satunya ialah mogok. Mogok pada sepeda motor tidak serta merta terjadi begitu saja, tetapi ada penyebab yang membuat motor itu tiba-tiba mati mesin.

Untuk bisa mengantisipasi bagaimana cara mengatasi apabila motor yang dikendarai tiba-tiba mogok di jalan, terlebih dahulu hendaknya diketahui apa yang menjadi penyebabnya. Melansir laman Suzuki Indonesia, berikut ini beberapa penyebab motor bisa mogok.

1. Kehabisan bahan bakar

Penyebab motor mogok yang pertama dan paling ringan adalah kendaraan kehabisan bensin atau bahan bakar. Apabila hal ini terjadi, sudah pasti kendaraan tidak akan bisa berjalan, karena mesin kendaraan bermotor memang bekerja karena adanya suplai bahan bakar yang berupa bensin.

Pada saat bahan bakar habis, maka aliran atau suplai bahan bakar ke ruang pembakaran juga berhenti. Itu artinya, mesin tidak menerima suplai bahan bakar yang digunakan untuk melakukan pengapian yang membuat mesin menyala dan kendaraan bisa berjalan. Karena itulah akhirnya motor pun mogok.

2. Kran bensin tertutup

Penyebab ini terjadi untuk motor-motor yang masih menggunakan karburator, di mana kran saluran bensin ke karburator tertutup. Kran saluran tertutup ini bisa terjadi karena tersumbat oleh kotoran, dan bisa juga kran tertutup karena memang disengaja.

Kran saluran bensin ini berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar ke arah karburator. Apabila saluran ini tertutup, maka bensin tidak akan bisa mengalir, dan otomatis mesin tidak akan bisa hidup. Kran ini bisa sengaja ditutup apabila kendaraan tidak akan digunakan dalam waktu yang cukup lama.

3. Busi bermasalah

Salah satu penyebab motor mogok terbanyak adalah pada busi motor. Busi sendiri berfungsi sebagai alat pengapian yang akan menghasilkan percikan api sehingga nantinya menghasilkan pembakaran dari campuran bahan bahan bakar dan udara. Ledakan kecil yang terjadi inilah yang menyebabkan mesin bisa menyala.

Busi yang bermasalah bisa terjadi karena busi tersebut memang rusak dan sudah tidak bisa dipakai lagi, dan bisa juga karena pada kabel busi terjadi masalah. Kabel busi yang bermasalah bisa terjadi karena ada kotoran yang menyumbatnya, sehingga percikan api tidak akan bisa sampai ke karburator mesin.

Kemungkinan lainnya sebenarnya yang bermasalah adalah businya. Biasanya hal ini bisa terjadi karena kepala busi kotor, dan bisa juga karena busi sudah rusak sehingga tidak bisa lagi menghasilkan percikan api. Kemungkinan lainnya adalah, karena pemasangan busi yang tidak tepat.

4. Mesin terlalu panas

Mesin motor yang terlalu panas juga bisa menyebabkan mesin tiba-tiba mati dan motor menjadi mogok. Hal ini bisa terjadi apabila motor digunakan dalam perjalanan yang cukup jauh yang mengakibatkan mesin terus menyala tanpa henti.

Pemakaian kendaraan bermotor tanpa istirahat, akan menimbulkan suhu panas akibat adanya sistem pembakaran yang terjadi atau akibat gesekan piston. Hal ini mengakibatkan pelumas tidak mampu meredam suhu panas yang ada, dan mengakibatkan piston memuai dan akhirnya macet.

5. Oli mesin habis

Oli menjadi bagian yang sangat penting bagi kendaraan bermotor, karena dibutuhkan untuk bahan perapat antar komponen kendaraan tersebut. Selain itu, oli juga dibutuhkan untuk mengurangi gesekan antar komponen yang menyebabkan timbulnya panas.

Kehabisan oli, otomatis akan membuat gesekan yang terjadi pada komponen-komponen kendaraan menjadi semakin besar, dan panas yang ditimbulkan juga semakin besar. Kehabisan oli ini bisa menyebabkan mesin menjadi panas dan akibatnya kendaraan menjadi mogok.

Perlu diingat, pemilik kendaraan bermotor yang rajin melakukan pengecekan dan perawatan mesin kendaraan, bisa dipastikan tidak akan mengalami kondisi kendaraan mogok. Karena sebagian besar penyebab kendaraan mogok adalah bersumber dari mesin kendaraan. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.