Kiat Pilih Warna Mobil Sesuai Karakter dan Kepribadian

OTO Mounture — Saat akan membeli kendaraan, khususnya mobil memilih warna kerap kali menjadi hal yang dipertimbangkan. Terkadang pemilihan warna tidak hanya didasari oleh perkembangan tren, tetapi juga disesuaikan dengan karakter serta kepribadian pemilik kendaraan.

Mulai dari disesuaikan dengan warna favorit, atau bahkan disamakan dengan zodiak maupun shio kelahiran. Adapun dari sisi psikologis atau emosial manusia, warna dapat merepresentasikan kesan dan perasaan pada suatu hal.

Mengutip dari dari jurnal psikologi Scott-Kemmis pada 2009, beberapa pilihan warna dapat memiliki makna diantaranya:

1. Hitam

Warna hitam kerap kali dipilih sebagai warna mobil karena cenderung tegas dan berkelas. Pemilihan warna hitam sangat populer di kalangan pelanggan karena mobil terkesan elegan dan eksklusif.

Dari segi psikologi, pemilihan warna hitam cocok untuk pengendara yang cenderung memiliki karakteristik kuat, dominan, serta terkendali. Warna hitam juga dipilih oleh pelanggan yang senang akan kesan klasik, misterius, dan mewah.

Untuk perawatannya sendiri, pemilik mobil harus rutin mencuci mobil dan menerapkan teknik pengeringan dengan benar agar tidak menimbulkan waterspot yang merusak estetika bodi mobil. Selain itu, disarankan kepada pemilik mobil untuk melakukan proses detailing dan paint protection untuk menjaga kilau cat mobil.

BACA JUGA: Cara Hilangkan Baret di Mobil Warna Hitam

2. Abu-abu

Pemilihan warna abu-abu biasanya dikarenakan warna tersebut memiliki ciri khas yang sederhana namun tetap terkesan matang. Secara psikologi, pemilih warna netral ini dinilai mudah berkompromi, karena memilih warna transisi tengah diantara hitam dan putih.

Selain itu, pemilih warna abu-abu memiliki kecenderungan sifat pemalu, cermat, serta pecinta kenyamanan. Perawatan mobil abu-abu cenderung lebih mudah dibanding warna hitam, atau warna lainnya. Namun demikian, pemilik mobil tetap disarankan untuk menjaga dan melakukan perawatan pada mobil agar selalu menarik dipandang.

3. Putih

Mobil berwarna putih adalah salah satu warna yang kini banyak diminati oleh pelanggan. Warna putih merupakan warna netral yang memberikan kesan elegan dan bersih untuk siapapun.

Secara harfiah, warna putih kerap kali menyimbolkan kejujuran dan kemurnian. Biasanya, pemilik mobil berwarna putih memiliki karakter sederhana namun anggun dan perfeksionis.

Mobil berwarna putih memiliki keunggulan, seperti lebih terlihat dalam kondisi cahaya gelap. Meski begitu, warna putih dinilai lebih sensitif terhadap kotoran yang jika dibiarkan akan membuat cat mobil dapat menguning atau kusam. Pencucian mobil secara berkala juga menjadi hal yang penting untuk pemilik mobil warna putih.

BACA JUGA: Mau Cat Mobil Putih Awet? Ini Caranya

4. Merah

Sama dengan pemilih mobil hitam, pemilih mobil berwarna merah cenderung lebih maskulin, percaya diri, dan agresif. Warna merah biasanya digunakan untuk menunjukan status yang lebih dominan dari sisi finansial.

Secara psikologis, pemilih warna merah biasanya adalah orang yang penuh ambisi, penuh semangat, menyenangkan, dan orang yang bisa menikmati hidup. Pemilik mobil berwarna merah perlu untuk memberikan perhatian lebih karena di antara pigmen warna, cat warna merah biasanya lebih mahal sehingga berimbas kepada biaya peremajaan warna mobil saat diperlukan.

5. Biru

Biru adalah warna yang identik dengan kedamaian dan kepercayaan. Pemilih warna biru biasanya adalah orang-orang yang penuh integritas dan loyal. Orang yang memilih mobil berwarna biru biasanya adalah orang dengan karakter yang optimis, tenang, serta bijaksana.

6. Oranye

Salah satu warna cerah yang unik dan mencolok diantara pilihan warna-warna mobil adalah warna oranye. Pemilih mobil berwarna oranye yang anti-mainstream ini biasanya adalah para extrovert yang senang bersosialisasi dan penuh optimisme.

Untuk perawatan, mobil berwarna orange cenderung paling awet, mudah, dan aman karena warna oranye dapat menyamarkan warna kotoran atau goresan pada bodi mobil.

Terkait pemilihan warna mobil, Head of Product & Accessories Development 4W, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Yulius Purwanto, mengatakan bahwa industri otomotif Indonesia sudah melewati berbagai macam fase preferensi warna dari sudut pandang konsumen, di mana dari pemantauannya pada era 1980 sampai dengan era pertengahan 2000, preferensi warna didominasi dengan pilihan warna silver dan hitam, kemudian pada era setelahnya hingga sekarang dipenuhi dengan warna putih, silver dan hitam.

“Pemilihan warna pada saat memilih mobil tentu disesuaikan dengan selera masing-masing, namun pemilihan tersebut memang biasanya didasari oleh warna favorit berdasarkan karakter dan kepribadian orang tersebut,” katanya melalui keterangan resmi.

“Untuk perawatan, sebaiknya apapun warna mobilnya tetap perlu dirawat agar mobil anda tetap terlihat mengkilap dan memberikan kebanggan setiap digunakan,” tutup Yulius. (OM/RIL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *