Kiat Hilangkan Jamur di Cat Mobil

Ilustrasi

OTO Mounture — Cat mobil sangat rentan terhadap jamur, yang akan membuat penampilan kendaraan menjadi lebih kotor dan tidak menarik. Adapun jamur yang timbul tersebut biasanya disebabkan oleh sisa-sisa air yang menempel pada cat mobil dan akhirnya menimbulkan bercak-bercak putih.

Biasanya sisa-sisa air yang paling sering menempel pada bagian cat mobil berasal dari air hujan. Oleh karenanya, pemilik kendaraan harus rajin untuk mencuci mobil yang terkena hujan dan memastikan untuk mengelap seluruh permukaan bodi mobil hingga benar-benar kering.

Namun, tak perlu khawatir akan jamur yang menempel pada cat mobil. Sebab, ada cara-cara yang mudah untuk menghilangkannya. Dikutip dari laman Auto2000, berikut ini beberapa kiat menghilangkan jamur pada cat mobil.

1. Gunakan alkohol

Alkohol sangat sering digunakan untuk membersihkan segala sesuatu, termasuk jamur. Untuk penggunaannya, Anda dapat menggunakan cairan alkohol 50 – 90% dan tuangkan alkohol tersebut pada kain lembut. Kemudian, gosokkan kain tersebut pada cat mobil yang tumbuh jamur hingga bersih, kemudian gunakan kain bersih dan kering untuk menyerap sisa-sisa alkohol pada cat mobil.

2. Gunakan pasta gigi

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk menghilangkan jamur pada cat mobil adalah dengan menggunakan pasta gigi. Anda cukup menyiapkan pasta gigi yang sudah diaplikasikan pada kain bersih, kemudian oleskan pada bagian cat mobil yang tumbuh jamur secara merata, lalu diamkan selama beberapa saat hingga pasta gigi mengering. Selanjutnya, bersihkan dengan air kemudian lap cat mobil hingga kering.

3. Gunakan cuka apel

Selain digunakan untuk keperluan dapur, cuka apel juga dapat digunakan untuk membersihkan cat mobil yang berjamur. Caranya, cukup mencampurkan 3 sendok makan cuka apel dan 1 liter air, kemudian celupkan kain lembut lalu gosokkan kain tersebut pada bagian cat mobil yang berjamur hingga jamur bersih dan menghilang. Jangan lupa untuk mengelap sisa-sisa cairan cuka yang menempel hingga benar-benar kering.

4. Gunakan air soda

Anda juga dapat menggunakan air soda untuk membersihkan jamur pada cat mobil. Caranya hampir sama dengan cara-cara lainnya. Siapkan kain bersih dan tuangkan air soda, lalu lap ke bagian cat mobil yang berjamur kemudian keringkan.

5. Gunakan pemutih pakaian

Cara terakhir untuk membersihkan jamur yang menempel pada cat mobil adalah dengan menggunakan pemutih pakaian. Selain digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian, pemutih pakaian juga dapat digunakan untuk membersihkan jamur pada cat mobil.

Anda cukup menggosokkan kain yang sudah dicelup ke dalam cairan pemutih pakaian pada bagian cat mobil yang berjamur, kemudian bilas dengan air bersih. Selanjutnya, jangan lupa untuk mengelap bodi mobil hingga benar-benar kering. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *