Jangan Dibuang! Ini Manfaat Oli Mesin Bekas

Oli mesin bekas pakai (dok. Evalube)

OTO Mounture — Melakukan penggantian oli mesin memang menjadi kegiatan rutin bagi pemilik kendaraan bermotor agar performa kendaraan tetap maksimal. Namun tahukah kalian, oli mesin bekas yang seringkali dibuang itu memiliki manfaat.

Berikut beberapa cara memanfaatkan oli mesin bekas pakai seperti dilansir dari laman Evalube, belum lama ini.

1. Penghilang karat pada besi,

Kalian bisa menggunakan oli mesin bekas pakai ini untuk menghilangkan karat pada besi. Caranya juga cukup mudah, kalian hanya perlu mengoleskan oli bekas pada permukaan besi yang berkarat, tunggu beberapa saat, kemudian bersihkan dengan menggunakan lap kasar, lalu siram dengan menggunakan air. Kalau masih belum bersih, kalian dapat mengulangnya sampai beberapa kali.

2. Pengawet kayu,

Oli mesin bekas motor ini juga dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengawetkan kayu. Caranya mencampurkan oli mesin bekas dengan minyak solar dengan perbandingan 1:1, lalu oleskan campuran ini pada permukaan kayu dengan menggunakan kuas. Campuran ini akan mengawetkan kayu dan menghindarinya dari kerusakan.

3. Pelumas rantai,

Kalau oli mesin bekas motor tidak mengandung terlalu banyak kotoran, kalian juga dapat menggunakannya untuk melumasi permukaan rantai agar tidak cepat aus. Caranya kalian perlu memilih oli mesin bekas yang masih bersih dan oleskan pada permukaan rantai secara merata.

Tetapi kalau kalian sudah melihat kotoran yang cukup banyak, sebaiknya jangan digunakan karena hanya akan merusak kondisi rantai.

4. Jadi bahan bakar,

Oli mesin bekas ini juga dapat kalian jadikan bahan bakar ketika dalam kondisi darurat, sifatnya yang mudah terbakar tentu dapat membantu kalian menghemat biaya untuk membeli minyak ketika akan membakar sampah atau menyalakan lampu emergency.

Jadi sebaiknya kalian pertimbangkan kembali saat akan membuang oli mesin bekas pakai ketika mengganti oli mesin motor kalian. Tak ada salahnya memanfaatkan oli mesin bekas pakai ini untuk digunakan kembali, asalkan kalian menggunakannya dengan cara yang bijak. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *