Ini Fitur yang Bisa Bikin Mobil Irit BBM

Ilustrasi pengisian BBM (dok. Istimewa)

OTO Mounture — Sebelum membeli kendaraan bermotor, khususnya mobil, salah satu pertimbangannya adalah efisiensi bahan bakar minyak (BBM). Sebab, dengan mobil yang memiliki efisiensi bahan bakar, otomatis akan menghemat pengeluaran si pemilik kendaraan.

Namun, terkadang banyaknya pilihan kendaraan membuat konsumen menjadi bingung dalam menentukan pilihan. Nah, berikut ini beberapa fitur yang bisa membuat mobil menjadi lebih irit bahan bakar yang bisa dijadikan pertimbangan dalam membeli mobil.

1. Cruise Control

Fitur ini berguna untuk mengatur kecepatan mesin tetap stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. Fitur ini memungkinkan mobil untuk tetap bergerak dengan kecepatan stabil yang bisa disesuaikan oleh pengemudi.

Selain itu, guna dari fitur ini adalah membantu meningkatkan efisiensi bahan bakar, di mana dengan mengaktifkan fitur ini makan RPM gas menjadi lebih konstan, dan mampu menekan penggunaan bahan bakar.

2. Eco Indicator

Fitur ini biasanya ditandai dengan sinyal berupa logo ECO berwarna hijau di speedometer atau multi information display (MID).

Eco indicator ini akan menyala jika pengemudi telah berkendara secara efisien, sebaliknya jika lampu indikator eco tidak menyala berarti kamu berkendara tidak efisien atau terlalu agresif saat berkendara dengan menekan pedal gas terlalu dalam sehingga penggunaan bahan bakar menjadi lebih boros.

Fitur ini akan menjalankan sistem secara otomatis membuat ECU agar menghemat sistem bahan bakar. Jika lampu terus menyala, itu menandakan cara berkendara sudah efisien, maka konsumsi bahan bakar mobil akan menjadi lebih irit.

3. Auto Start-Stop Engine

Fitur ini berfungsi untuk mempercepat waktu penghidupan mobil. Namun siapa sangka, ternyata fitur ini juga bisa membuat efisiensi bahan bakar meningkat, di mana fitur yang dikenal dengan idle stop ini memungkinan mobil mati secara otomatis saat mobil lama tidak bergerak.

Selain mempercepat waktu penghidupan mobil, Fitur auto start-stop juga berfungsi meningkatkan efisiensi konsumsi bahan bakar kendaraan. Fitur juga yang dikenal sebagai idle stop inimemungkinkan mesin mobil mati secara otomatis saat mobil lama tidak bergerak.

Sebagai contoh, saat berada di tengah kemacetan yang akan menguras bahan bakar, maka dengan fitur auto start-stop ini mobil secara otomatis akan mematikan sendiri mesin mobilnya. Dengan teknologi ini diklaim penghematan bahan bakar bisa direduksi sekitar 5-14 persen, sebab mesin tidak beroperasi. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.