Ini Akibat Jika Malas Servis Sepeda Motor

Ilustrasi (dok. Evalube)

OTO Mounture — Kenyamanan saat mengendarai sepeda motor dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya dengan melakukan perawatan rutin seperti servis. Servis pada sepeda motor berfungsi untuk memeriksa kondisi kendaraan secara keseluruhan, mulai dari oli, rem, kelistrikan sampai dengan tekanan angin pada ban.

Adapun oli menjadi komponen yang penting dalam kendaraan, tak heran jika bagian ini harus diganti setiap kali melakukan servis rutin pada sepeda motor.

Kendati melakukan servis pada sepeda motor merupakan suatu hal yang sangat penting, namun masih ada saja pemilik kendaraan yang malas membawa ‘kuda besi’ tersebut untuk ke bengkel. Padahal jika malas untuk melakukan perawatan rutin itu akan memberikan dampak buruk pada kendaraan.

Melansir laman Evalube, beberapa dampak akibat malas melakukan servis pada sepeda motor.

1. Mesin mati mendadak

Mesin yang tiba-tiba mati mendadak ini akan dirasakan ketika malas servis motor. Ini terjadi karena volume oli di dalam tangki berkurang atau bahkan habis sehingga komponen di dalamnya saling bergesekan dan membuat mesin menjadi lebih cepat panas.

Kalau sudah begini, segera bawa sepeda motor kalian ke bengkel untuk dilakukan perbaikan, dan tak menutup kemungkinan motor harus mengalami overhaul atau turun mesin.

2. Overheat

Setiap kali melakukan servis motor pasti akan dilakukan penggantian oli, kalau kalian malas ke bengkel, itu berarti oli sepeda motor juga akan lebih jarang diganti. Oli yang sudah tercampur dengan kotoran dari sisa pembakaran ini tidak akan maksimal dalam melindungi mesin, terlebih volume oli juga akan terus berkurang akibat adanya penguapan.

Oli yang semakin berkurang ini membuat pelumasan terhambat dan akhirnya kinerja mesin menjadi lebih berat karena komponen yang terbuat dari logam ini akan bergesekan satu sama lain. Gesekan antar komponen ini bisa menimbulkan panas berlebihan atau overheat pada mesin karena sudah tidak ada oli yang cukup untuk mendinginkan suhu.

3. Motor tidak nyaman

Motor yang dirawat dengan baik pasti lebih nyaman digunakan, saat kalian tidak merawatnya maka sudah bisa dipastikan motor tidak nyaman untuk dikendarai. Motor yang jarang di servis ini akan kehabisan oli dan akhirnya membuat mesin terdengar lebih kasar, tak hanya itu getaran yang berasal dari mesin juga bisa mengganggu kenyamanan kalian saat berkendara.

Untuk menghindari kerusakan yang parah, sebaiknya kalian jangan malas melakukan servis motor. Lakukan servis ini setiap dua bulan sekali untuk menjaga kenyamanan serta keamanan kalian ketika berkendara di jalan raya. (OM/EV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *