Cuci Mobil Biar Tetap Hemat Air, Ini Caranya

Ilustrasi mencuci mobil (dok. Hyundai)

OTO Mounture — Memiliki kendaraan pribadi, khususnya mobil diperlukan perawatan baik dari sisi interior ataupun eksterior. Salah satu hal wajib yang dilakukan oleh pemilik mobil dalam merawat tunggangannya adalah mencuci mobil.

Mencuci kendaraan bisa dilakukan jika mobil sudah terlihat kotor atau sehabis digunakan di jalan yang kotor atau usai terkena hujan. Dalam hal mencuci mobil memang diperlukan banyak air, jumlah air yang dibutuhkan akan semakin meningkat tatkala kondisi mobil sangat kotor.

Kendati demikian, bukan berarti kita tidak bisa menghemat penggunaan air saat mencuci mobil. Berikut ini beberapa hal yang bisa membuat jumlah air terbuang menjadi lebih sedikit saat mencuci mobil seperti dilansir dari laman Hyundai Indonesia, baru-baru ini.

1. Siapkan segala sesuatu yang dibutuhkan di dekat mobil.

2. Sebelum mencuci mobil, sebaiknya semua perlatan disiapkan terlebih dahulu seperti kain lap, air yang sudah dicampur sabun dan pemoles.

3. Gunakan lap yang sudah bercampur sabun.

4. Basahi lap dengan air sabun. Pastikan lap tersebut berbeda dengan yang digunakan untuk membersihkan ban.

5. Langsung bersihkan ke kotoran.

6. Langkah selanjutnya adalah dengan langsung membersihkan mobil di tempat yang kotor dengan menggunakan lap bercampur air sabun. Cukup dilap dan tidak perlu disiram. Gunakan gerakan memutar untuk mendapatkan hasil lebih maksimal.

7. Langsung keringkan.

8. Agar kotoran tidak kembali lagi, maka sebaiknya langsung keringkan mobil dengan menggunakan lap kering. Pastikan Anda mengeringkannya hingga benar-benar kering. (OM/MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.