Cara Usir Bau di Kabin Mobil

Ilustrasi (dok. freepik.com)

OTO Mounture — Usai melakukan perjalanan jarak jauh biasanya kabin mobil akan menimbulkan bau tak sedap. Hal ini mungkin terjadi karena adanya bekas makanan yang berserak ataupun tumpahan minuman. Tapi nggak usah khawatir, sebab ada solusi untuk menghilangkan bau tak sedap di dalam kabin mobil.

Seperti dikutip dari Asuransi Astra, ada enam langkah mudah dalam menghilangkan bau tak sedap di kabin mobil diantaranya:

1. Buang sampah yang terdapat di dalam kabin

Pastikan tidak ada sampah yang tertinggal di dalam mobil, jangan sampai ada plastik atau sisa makanan yang terselip di sudut jok. Sapu juga karpet mobil sampai bersih.

2. Cuci karpet

Usai disapu, cucilah karpet atau pelapis pada bagasi serta karpet interior. Biasanya bagian ini merupakan sumber bau yang paling besar. Jangan lupa untuk keringkan hingga tuntas agar tidak menimbulkan bau apek.

3. Gosok permukaan interior

Gunakan handuk atau lap yang lembut dan basahi dengan air hangat. Gosok bagian dasbor serta semua permukaan kulit yang ada pada mobil. Perhatikan baik-baik apakah ada noda-noda yang sulit untuk dibersihkan. Jika ada, gosok sampai nodanya benar-benar hilang.

4. Sikat bagian kain pada interior

Jika jok mobil Anda dibungkus dari bahan fabric atau justru perpaduan kulit dan kain, bersihkan bagian tersebut dengan sikat lembut. Dengan menyikat bagian ini, maka nantinya akan mudah dibersihkan dengan vacuum cleaner karena pori-pori kain lebih terbuka. Meski begitu, jangan menyikat terlalu keras agar tidak merusak permukaan kain.

5. Gunakan vacum cleaner

Untuk mengangkat kotoran yang terselip pada pori-pori kain interior mobil, Anda bisa gunakan vacuum cleaner. Perhatikan juga sudut-sudut kecil yang sering lupa untuk dibersihkan. Anda juga bisa menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkan karpet mobil yang sudah Anda sapu terlebih dulu.

6. Semprotkan pewangi mobil

Agar sirkulasi udara maksimal, bukalah pintu mobil selama setengah jam setelah proses membersihkan interior. Selanjutnya, Anda bisa menggunakan pewangi mobil yang beraroma lembut untuk memperoleh wangi yang segar pada kabin mobil. (OM/RIL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.