Cara Merawat Mobil di Rumah

Ilustrasi (dok. pinterest/johnnysautoservice.com)

OTO Mounture — Menghabiskan waktu liburan dengan merawat mobil di rumah tentu menjadi pilihan yang menarik. Selain Anda bisa menghemat pengeluaran, dengan merawat mobil di rumah juga sekaligus membuat otot-otot bekerja sekaligus hitung-hitung olahraga.

Melansir dari laman Auto2000, dijelaskan bahwa untuk bisa melakukan perawatan mobil di rumah, pemilik kendaraan bisa mulai dari melakukan pengecekan mesin. Caranya mudah, bahkan tak perlu perlatan khusus. Yang pasti posisikan mobil berada di lokasi aman dan teduh.

Buka kap mesin dan lakukan pengecekan oli dengan menarik dipstick, volume reservoir radiator, volume minyak rem dan volume cairan wiper. Pastikan tidak ada oli yang menetes atau merembes ke komponen-komponen di ruang mesin. Pastikan juga tak ada kebocoran radiator.

Usai melakukan pengecekan mesin, Anda bisa lanjutkan pembersihan interior. Manfaatkan vacuum cleaner ukuran kecil atau khusus mobil untuk membersihkan kabin.

Untuk membersihkan dasbor dan panel-panel dengan celah sempit, Anda bisa manfaatkan lap microfiber. Sementara pada pembersihan permukaan jok, Anda bisa mengandalkan cairan khusus. Namun perhatikan dahulu bahan pembungkus joknya, apakah fabric atau kulit sintetis. Keduanya butuh cairan pembersih berbeda.

Jika interior sudah bersih maka lanjutkan untuk cuci bodi secara keseluruhan. Basahi seluruh permukaan bodi mobil secara merata dengan air mengalir. Baru sabuni dari bagian atas terlebih dahulu.

Bedakan juga lap untuk membersihkan permukaan bodi dengan untuk membersihkan roda, baik lap untuk bilas maupun mengeringkan. Saat mengeringkan, pastikan berada di tempat yang tidak terpapar sinar matahari langsung. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *