3 Cara Ampuh Hilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil

Ilustrasi (IST)

OTO Mounture — Bagi perokok, terkadang melakukan aktivitas merokok seringkali dilakukan di dalam mobil. Hal itu pula yang membuat kabin mobil menjadi bau rokok, dan membuat ketidaknyamanan saat berkendara.

Adapun bau rokok tersebut terbilang sulit untuk dihilangkan, di mana sudah berkali-kali coba untuk dibersihkan dan disemprot pewangi, tapi bau tersebut tetap tidak mau hilang. Namun, tidak perlu risau, berikut ini cara sederhana tapi efektif dengan melakukan tiga langkah agar kabin mobil kembali segar, seperti dikutip dari laman Daihatsu Indonesia.

1. Vacuum dan lap interior

Cuci mobil cara biasa sungguh tidak cukup menghilangkan bau rokok. Kalian harus gunakan vacuum cleaner sampai ke sela-sela terkecil, misal di bawah karpet dan dekat tuas transmisi. Kemudian, lap interior mobil dengan cairan pembersih, mulai dari jok, kaca bagian dalam, dasbor, dan langit-langit.

2. Buka kaca sambil berkendara perlahan

Usai bersih, kalian bisa berkendara sambil turunkan seluruh kaca pintu. Hal ini dilakukan agar sirkulasi udara semakin baik serta berefek pada hilangnya bau rokok di dalam kabin. Lakukan dengan durasi 5—10 menit saja.

3. Pakai bahan alami

Terakhir yang tidak kalah penting, letakkan bubuk kopi, vanila, atau kayu manis di kabin. Pilih salah satu, sesuaikan dengan wangi yang diinginkan. Bubuk tersebut nantinya menyerap bau rokok, sekaligus menyebarkan aroma memikat sehingga kabin mobil jadi lebih segar.

Cara pakai bubuk tersebut harus ketika mobil di parkir. Maksudnya agar tidak berceceran dan justru membuat kabin kotor. Kalian dapat meletakkannya lebih dulu di wadah, kemudian taruh di kolong masing-masing jok. Diamkan 12 jam, niscaya sirna sudah masalah soal kabin mobil yang bau rokok.

Meskipun demikian, usahakan jangan merokok ya, apalagi di dalam mobil. Ingat, selalu jaga kesehatan. (OM/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.