Skema One Way Berlangsung Hingga Pukul 08.00 WIB di Tol Japek

Situasi one way di tol Jakarta Cikampek (Foto: dok. Korlantas Polri)

OTO Mounture — Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan peninjauan efektivitas penerapan rekayasa lalu lintas di jalan tol Merak hingga Cikampek pada puncak arus mudik. Dari hasil pemantauan, jumlah pemudik mengalami lonjakan.

Listyo mengatakan, adanya peningkatan pemudik mengakibatkan penumpukan antrean kendaraan di sejumlah titik. Maka dari itu, petugas gabungan melakukan rekayasa lalu lintas mulai dari confraflow hingga one way.

“Tadi malam (Kamis, 28 April 2022) kami lakukan kegiatan one way yang sebelumnya diawali contraflow. One way dilaksanakan mulai jam 17.00 sampai 24.00 WIB. Namun, karena memang padat, maka mau tidak mau kami lakukan rekayasa kembali, dan kemungkinan kita geser disesuaikan dengan jumlah pemudik,” katanya, Jumat, 29 April 2022.

Sementara itu, Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi menyebut, pemberlakukan one way akan mengalami perubahan jadwal. Rekayasa lalu lintas dimulai sejak sore Jumat, 29 April 2022 hingga Sabtu, 30 April 2022 pukul 08.00 WIB.

“Tolong ingat jadwal yang semula jam 24.00 WIB ini bisa saja kita tambah lagi seperti kemarin, dan kesepakatan hari ini kita akan buka one way pada sore hari ini sampai besok sekitar jam 08.00 WIB,” tutur Firman.

Firman menerangkan, pengambilan rentang waktu tersebut bukanlah tanpa alasan. Sebab, menurut data, masyarakat banyak memanfaatkan waktu maghrib hingga malam hari untuk memulai perjalanan mudik.

“Dengan perhitungan yang kita dapat hari ini dengan mencoba membaca kecenderungan, dengan pola yang sama masyarakat akan memanfaatkan waktu-waktu tadi,” terang dia.

Firman juga menghimbau masyarakat untuk mengikuti jadwal yang telah disampaikan oleh petugas. Selain itu, lanjut dia, bagi masyarakat yang dari arah timur menuju Jakarta dapat memanfaatkan waktu mudik mulai pukul 10.00 pagi hingga 16.00 WIB.

“Himbauan kami ikuti jadwal yang disampaikan petugas dan bagi masyarakat dari arah timur menuju arah Jakarta bisa memanfaatkan waktu mulai jam 10.00 hingga 16.00 WIB,” tutup Firman. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *