Sah! Pemerintah Naikkan Harga BBM Pertalite, Solar Hingga Pertamax

Ilustrasi pengisian BBM (dok. Istimewa)

OTO Mounture — Pemerintah resmi menaikkan harga jual bahan bakar minyak (BBM) Subsidi, yakni Pertalite, dan Solar mulai hari ini pukul 14.30 WIB. Selain kedua BBM itu, pemerintah juga menaikkan harga BBM Pertamax.

Adapun kenaikan harga Pertalite dari Rp7.500 per liter menjadi Rp10 ribu per liter, sementara harga Solar dari Rp5.150 per liter menjadi Rp6.800 per liter. Sedangkan harga BBM Pertamax menjadi RP14.500 per liter dari sebelumnya Rp12.500 per liter.

Presiden Joko Widodo, mengatakan pemerintah telah berupaya sekuat tenaga untuk meilindungi rakyat dari gejolak harga minyak dunia.

“Saya sebetulnya ingin harga BBM dalam negeri tetap terjangaku dengan memberikan subsidi dari APBN tetapi anggaran subsidi dan kompensasi tahun 2022 telah meningkat tiga kali lipat dari Rp152,5 triliun menjadi Rp502,24 triliun,” kata Jokowi di Istana Negara, Sabtu, 3 September 2022.

Lebih lanjut Jokowi, mengatakan lebih dari 70 persen subsidi justru dinikmati oleh kelompok masyarakat yang mampu, yaitu pemilik mobil-mobil pribadi.

Mestinya, kata dia, uang negara itu harus diprioritaskan untuk memberikan subsidi kepada masyarakat yang kurang mampu. Dan saat ini pemerintah harus membuat keputusan dalam situasi yang sulit.

“Ini adalah pilihan terakhir pemerintah, yaitu mengalihkan subsidi BBM. Sehingga, harga beberapa jenis BBM yang selama ini mendapat subsidi akan mengalami penyesuaian,” pungkasnya. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *