Penyebab Ring Piston pada Motor Rusak

dok. Suzuki Indonesia

OTO Mounture — Ring piston atau yang disebut juga ring seher adalah salah satu komponen motor yang cukup penting dan dipasang menjadi satu dengan piston motor. Adapun ring piston ini bisa menjadi salah satu indikasi yang mengakibatkan tidak nyamannya sepeda motor saat digunakan.

Melansir laman Suzuki Indonesia, berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan ring piston mengalami kerusakan.

1. Umur

Ring piston sebenarnya merupakan komponen slow moving, sehingga selang waktu penggantiannya bisa sangat lama. Penggantiannya tidak dapat dipastikan jeda waktunya. Hal ini tergantung pemakaian dan perawatan motor Anda.

2. Filter udara

Filter udara yang jarang dibersihkan akan menumpuk banyak debu. Debu ini akan terhisap ke dalam proses pembakaran membuat kerak karbon yang menempel pada permukaan piston dan sela-sela ring piston.

Kemudian, kerak karbon semakin lama dapat mengganjal ring, sehingga memunculkan celah antara ring dan dinding silinder. Hal ini telah dijelaskan di atas, bahwa kondisi tersebut akan membuat oli dapat mengalir dari penampungan ke ruang bakar, sehingga oli mesin cepat habis.

3. Oli mesin

Keterlambatan penggantian oli mesin dapat mengurangi kemampuan oli untuk melumasi komponen mesin. Efeknya, pada liner silinder dan badan piston akan timbul baret halus. Baret ini lama kelamaan bisa mengganggu kinerja ring piston. Maka, sebaiknya Anda harus mengganti oli mesin secara rutin. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *