Beberapa Aplikasi untuk Cek Pajak Kendaraan

Ilustrasi STNK (Mounture.com/Denmas)

OTO Mounture — Aplikasi cek pajak kendaraan merupakan solusi bagi pemilik kendaraan yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk mengecek pajak secara langsung di Samsat. Aplikasi tersebut memang diciptakan oleh pihak Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri dan pemerintah untuk mengurangi angka penunggak pajak.

Bagi Anda yang belum mengetahui aplikasi apa saja yang dapat digunakan untuk mengecek kendaraan bermotor. Anda perlu memperhatikan beberapa rekomendasi aplikasi pengecekan pajak kendaraan di antaranya:

1. Samsat Digital Nasional

Aplikasi cek pajak kendaraan pertama ada Samsat Digital Nasional. Aplikasi ini merupakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh pihak Korlantas RI. Selain itu, aplikasi ini bisa digunakan oleh berbagai masyarakat dari berbagai provinsi.

Aplikasi ini tidak hanya dapat digunakan untuk mengecek pajak kendaraan, tetapi juga bisa digunakan untuk mengecek denda pajak, denda tilang, hingga pengecekan plat nomor kendaraan. Untuk pengoperasian aplikasi ini terbilang cukup mudah.

2. Sambara

Aplikasi ini merupakan aplikasi pengecekan pajak kendaraan bermotor khusus masyarakat yang tinggal di Provinsi Jawa Barat. Untuk cara menggunakan aplikasi ini hampir sama dengan penggunaan aplikasi Samsat Digital Nasional. Anda hanya perlu mengisikan informasi data diri beserta informasi kendaraan Anda secara lengkap.

BACA JUGA:

Cara Bayar Pajak Kendaraan Tahunan via Aplikasi SIGNAL

Ini Tahapan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor 5 Tahunan

3. New Sakpole

Aplikasi yang satu ini diciptakan khusus untuk masyarakat di Provinsi Jawa Tengah yang ingin melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor secara online. Tidak hanya besaran pajak, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan untuk mengecek status kendaraan, Samsat terdekat dari pemukiman Anda, hingga harga jual kendaraan bermotor.

4. Cek pajak motor mobil

Aplikasi ini selain dapat digunakan untuk mengecek besaran pajak kendaraan bermotor, juga dapat digunakan untuk mengetahui status kendaraan. Dengan begitu, Anda bisa mengetahui status kendaraan bermotor yang hendak Anda beli apakah resmi, atau curian.

5. Cek Pajak Kendaraan

Aplikasi ini dibuat khusus untuk mengecek besaran pajak kendaraan bermotor. Cara penggunaannya juga mudah, Anda tinggal unduh dan install aplikasi ini terlebih dahulu.

Kemudian, Anda tinggal memasukkan nomor polisi kendaraan bermotor Anda. Secara otomatis, aplikasi ini akan menghitungkan berapa besaran nominal pajak yang perlu Anda bayarkan.

6. Samsat Banten Hebat (Sambat)

Aplikasi ini diciptakan untuk masyarakat Provinsi Banten. Selain dapat digunakan untuk mengecek besaran pajak kendaraan bermotor, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengecek keaslian plat nomor kendaraan. Cocok bagi Anda warga Banten yang hendak membeli kendaraan bermotor bekas agar tidak tertipu. (OM/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *