Tips Berkendara Sepeda Motor di Era Kenormalan Baru ala AHM

Ilustrasi berkendara sepeda motor

OTO Mounture — Memasuki era kenormalan baru, masyarakat Indonesia diminta untuk melakukan adaptasi baru terkait gaya hidupnya. Hal ini dilakukan demi mencegah penyebaran virus korona (Covid-19), termasuk dalam hal berkendara sepeda motor.

Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johannes Lucky, mengatakan bahwa dalam berkendara sepeda motor (riding) perlu melakukan penggabungan antara adaptasi yang sudah ada dengan adaptasi kebiasaan baru seperti pengecekan suhu tubuh, penggunaan masker, dan jaga jarak atau yang disebut dengan Safety & Healthy Riding.

Menurut dia, sebelum berkendara ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya seberapa penting untuk melakukan riding, melihat regulasi di lokasi yang akan dituju apakah masuk ke dalam zona merah atau tidak, memastikan kesehatan diri sendiri, penambahan perlengkapan berkendara dengan menambahkan masker, hand sanitizier, maupun tas riding, dan terakhir adalah memilih rute yang tidak terlalu padat atau macet.

“Setelah melakukan semua persiapan sebelum berkendara, ada juga hal yang harus diperhatikan saat berkendara atau riding, yaitu mengontrol emosi, memahami karakteristik pengguna jalan lain, menjaga jarak dengan pengguna jalan lain, menggunakan uang digital atau uang pas, dan membawa perlengkapan makan sendiri,” ungkapnya pada acara Ngobrol Virtual yang dihelat Forum Wartawan Otomotif (Forwot), Selasa, 4 Juli 2020.

Dia pun mengingatkan bahwa ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan setelah berkendara, yakni untuk riding gear agar lebih sering dicuci, sepeda motor dibersihkan pada bagian-bagian yang berpotensi terkontak, dari sisi pengendara setelah melakukan riding sebaiknya membersihkan diri atau mandi sebelum berinteraksi dengan keluarga, dan istirahat yang cukup agar imun tubuh tetap terjaga. (OM/MC)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.