Pabrik Motor Listrik Alva Terapkan Industri 4.0, Sanggup Produksi Hingga 100 Ribu Unit per Tahun

OTO Mounture — PT Ilectra Motor Group (IMG) melalui merek sepeda motor listriknya, Alva mengungkapkan fasilitas pabrik perakitannya Alva Manufacturing Facility di Cikarang, Jawa Barat telah menerapkan industri 4.0.

Adapun pabrik tersebut hadir dengan fasilitas berteknologi tinggi, di mana para pekerja terampil ditunjang dengan penerapan sistem robotik dalam tahap perakitan motor listrik.

Hal tersebut memungkinkan kapasitas pabrik ini untuk memproduksi hingga seratus ribu produk per tahun, dan mampu memaksimalkan efektifitas proses pemesanan hingga pengiriman produk kepada para konsumen.

BACA JUGA: Penjualan Motor di Indonesia Meningkat pada Agustus 2023

President Director PT Ilectra Motor Group, Purbaja Pantja, mengatakan bahwa Alva Manufacturing Facility ini merupakan bukti keseriusannya dalam memajukan industri otomotif Indonesia, khususnya kendaraan listrik roda dua. Pabrik ini menerapkan ekosistem industri 4.0 yang efisien sekaligus lebih humanis.

“Kami juga berupaya menghadirkan konsep manufaktur yang berbeda sebagai game changer dalam industri ini. Sehingga, bukan hanya menerapkan teknologi terdepan yang meningkatkan keahlian para pekerja, namun juga membawa manfaat serta semangat kolaborasi bagi komunitas, persyarikatan agama, serta masyarakat setempat,” ujarnya.

Diketahui, pada Agustus 2023 lalu, Alva telah menyelesaikan penggalangan dana Seri B, dengan total hingga 50 juta dolar AS. Putaran pendanaan ini mencakup semua investor terdahulu yang dipimpin oleh Horizons Ventures.

BACA JUGA: Arista Otomotif Expo Medan Hadirkan Beragam Promo Menarik

Sedangkan investor yang baru mencakup HH-CTBC Partnership L.P. (Foxconn Co-GP Fund) yang bersama dengan Horizon Ventures dan Indika Energy, menjadi investor terbesar hingga saat ini.

Investor baru selain Foxconn Co-GP fund yaitu Brama One Ventures. Hasil dari pendanaan Seri B akan digunakan untuk terus mengakselerasi pengembangan produk Alva di Alva Manufacturing Facility dan memperluas jaringan untuk melayani lebih banyak konsumen di seluruh Indonesia.

Dalam hal perekrutan tenaga kerja, sejak fasilitas ini beroperasi Alva turut berinisiasi untuk membuka kesempatan bagi lulusan SMK lewat kerja sama dengan pemerintah daerah Cikarang lewat perekrutan talenta lokal untuk dapat dilatih dan bekerja sebagai tenaga terampil di Alva Manufacturing Facility dengan standar Alva Manufacturing Way.

“Kehadiran Alva Manufacturing Facility diharapkan dapat menjadi transformasi proses produksi yang lebih baik dan menandai kesiapan Alva dalam industri kendaraan listrik di Indonesia. Adapun dengan kolaborasi dalam perekrutan tenaga kerja merupakan inisiatif kami agar bisa berdaya dengan talenta muda Indonesia,” tutup Purbaja. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *