Moto Guzzi Rayakan Ulang Tahun ke-100

Pabrik Moto Guzzi di Mandello (dok. Moto Guzzi)

OTO Mounture — Produsen sepeda motor asal Italia, Moto Guzzi merayakan momen legendaris seratus tahun pertamanya pada 15 Maret 2021 kemarin. Satu abad bersejarah, merek sepeda motor yang dikenal dengan sebutan ‘Eagle Brand’ ini merayakan pencapaian luar biasa dengan menikmati masa kesuksesan yang baru.

Piaggio Group Chairman and CEO, Roberto Colaninno, mengatakan seratus tahun perayaan Moto Guzzi merupakan momen yang membanggakan bagi Piaggio Group, di mana ‘Eagle Brand’ telah bergabung sejak 2004, maupun bagi industri di Italia secara keseluruhan, tidak hanya pada sektor sepeda motor.

Lebih lanjut dia mengatakan, kemampuan berinovasi, keberanian melangkah maju, semangat kompetitif, kecintaan terhadap produk, serta perhatian detail terhadap kualitas produksi merupakan keterampilan selama bertahun-tahun yang dikombinasikan Moto Guzzi dengan hubungan uniknya pada komunitas lokal.

“Sejak tahun 1921, setiap Moto Guzzi yang telah diluncurkan di dunia diproduksi oleh pabrik di Mandello, tempat di mana perusahaan ini didirikan seratus tahun lalu. Semua ini akan terus berlanjut hingga sejarah di abad berikutnya,” katanya dalam keterangan resmi.

Menurutnya, Moto Guzzi merupakan contoh sempurna dari keseluruhan kualitas unggul produk Italia. “Hal ini telah tercatat dalam sejarah negara kami tanpa pernah kehilangan semangat muda untuk terus menginspirasi di antara ribuan pengendara Moto Guzzi yang memiliki antusiasme tinggi di seluruh dunia,” tutur dia.

Logo elang, yang merupakan lambang khas dari Moto Guzzi, telah membantu menciptakan sebuah brand legendaris yang selalu terkait erat dengan sejarah Italia. Logo elang yang membentangkan sayapnya terinspirasi dari masa dinas militer dari para pendiri, Carlo Guzzi dan Giorgio Parodi, yang tersemat di lengan seragam Angkatan Udara Royal Italia saat Perang Dunia Pertama.

Saat perang terjadi, kedua sahabat ini bersama dengan pilot Giovanni Ravelli memutuskan untuk berfokus membuat pabrik sepeda motor setelah konflik berakhir. Namun Ravelli telah gugur pada peristiwa di tahun 1919 dan pada akhirnya tidak dapat mewujudkan impiannya. Oleh sebab itu, Guzzi dan Parodi memilih Elang sebagai simbol untuk mengenang persahabatan mereka.

Sejak awal dikenal, Moto Guzzi juga telah menjadi sepeda motor pilihan untuk perjalanan jarak jauh. Tepatnya pada 1928 ketika Giuseppe Guzzi menuju lingkaran Kutub Utara dengan GT ‘Norge’-nya, memulai sebuah tradisi yang terus berlanjut hingga saat ini, dengan para traveler yang berkelana bersama Moto Guzzi setiap harinya, di suatu tempat di dunia, menuju tempat yang jauh.

Hingga kini, Moto Guzzi merupakan divisi penting dari Piaggio Group, konstruktor sepeda motor dan skuter terkemuka di Eropa, yang terus melestarikan karakteristik asli Moto Guzzi, memperkenalkan nilai-nilainya dan mempertahankan posisinya yang terdepan.

Perayaan ulang tahun Moto Guzzi sedianya akan dimeriahkan pada acara Moto Guzzi World Days di Mandello del Lario, Italia pada 9 – 12 September 2021. Ribuan bikers dari seluruh dunia disebut akan berkumpul merayakan ulang tahun Moto Guzzi ke-100, berkat kolaborasi antara Moto Guzzi, Comitato Motoraduno Internazionale, serta pemerintah kota Mandello del Lario. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.