Strategi Suzuki via Grand Vitara Bersaing di Segmen SUV

(Foto: OTO Mounture/Luchito Sangsoko)

OTO Mounture — Belum lama ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkenalkan produk terbarunya dengan nama legendaris yakni Grand Vitara pada acara pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023.

Meski sudah diperkenalkan, namun Suzuki masih menutup rapat terkait harga resmi Grand Vitara. Hal ini disebut Suzuki sebagai salah satu strategi jenama berlambang huruf S ini untuk menjual Grand Vitara.

“Kita edukasi dulu konsumen terkait dengan teknologi dan fitur yang ada di Grand Vitara. Setelah itu di fase kedua baru masuk harga,” ungkap Head of Brand Development & Marketing Research 4W PT SIS, Harold Donnel pada acara jumpa pers di sela perhelatan IIMS 2023.

Ia mengatakan bahwa pihaknya belajar dari produk-produk sebelumnya, di mana Suzuki ingin memperkenalkan terlebih dahulu, memberikan edukasi terkait teknologi dan fitur yang ada.

“Kita menghindari sudut pandang yang langsung, oh mobil ini harganya sekian, diskonnya sekian, nah itu yang ingin dihindari,” tukas Harold.

Kendati demikian, ia memberikan bocoran terkait harga resmi Grand Vitara yang akan dirilis di pameran otomotif berikutnya yakni GJAW yang dihelat pada Maret mendatang.

“Secepatnya kita umumkan harga Grand Vitara, clue-nya di event otomotif berikutnya,” ucap Harold.

Suzuki Optimistis Grand Vitara Masih Diminati

Suzuki pun mengaku tidak khawatir dengan beberapa brand pesaing yang memaksimalkan ajang IIMS 2023 untuk menggenjot penjualan, khususnya di segmen yang sama dengan Grand Vitara.

Menurut Harold, Suzuki Grand Vitara punya loyalis yang tentunya akan bersabar menunggu. “Kita percaya brand image Vitara buat loyalis pasti mau nunggu, saving the best for the last. Kita percaya tidak akan kehilangan momentum,” tuturnya.

Lebih jauh ia mengatakan bahwa pihaknya telah mempertimbangkan secara matang strategi yang dilakukannya untuk bersaing di segmen medium sport utility vehicle (SUV).

“Medium SUV kontribusinya 20% terhadap total pasar otomotif di Indonesia. Dengan market yang seperti itu, Suzuki harus berhati hati, kita bukan market leader tapi market challenger. Kita berharap nanti dengan harga yang sudah ada itu bisa memuaskan banyak pihak,” ungkap Harold.

Seperti diketahui, Grand Vitara merupakan produk dengan nama legendaris di pasar otomotif, mobil ini kembali hadir dengan bermodalkan teknologi mild hybrid. Mobil ini mengusung mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Tenaga yang dihasilkan mencapai 103,06 PS pada 6.000 rpm dan torsi sebesar 136,8 Nm pada 4.400 rpm yang disalurkan ke roda depan melalui 6-speed Automatic Transmission yang juga dilengkapi dengan paddle shift di balik lingkar kemudi.

Adapun teknologi SHVS mengusung penggunaan ISG (Integrated Starter Generator) dan Lithium-ion Battery yang akan mengoptimalkan kinerja mesin K15C Dual Jet tersebut. (OM/LS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *