Pasar Mobil Bekas Disebut Mulai Pulih

Ilustrasi mobil bekas

OTO Mounture — Pemberlakuan era kenormalan baru yang dimulai pada awal Juni kemarin rupanya membawa angin segar bagi sektor perekonomian di Tanah Air, termasuk sektor pasar mobil bekas (mobkas).

Dilansir dari data OLX Indonesia, rata-rata jumlah pencari mobil di platform OLX sempat menurun seiring pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada April lalu. Namun seiring dengan pemberlakuan kenormalan baru pada Juni 2020, total pencari mobil bekas di platform OLX Indonesia berangsur menuju normal yakni berada di kisaran 80 persen.

Data Otobarometer OLX Indonesia menunjukan total pencari mobil bekas pada Juni 2020 naik sekitar 6 persen jika dibandingkan dengan April 2020 saat PSBB diterapkan. Sementara itu dari sisi penawaran (listing) mobil bekas di platform OLX.co.id, jumlah listing pada Juni 2020 juga mengalami peningkatan sekitar 35 persen dibandingkan pada Mei 2020.

Direktur Marketing OLX Indonesia, Ichmeralda Rachman, mengungkapkan bahwa pihaknya optimis pasar mobil bekas akan membaik dalam 3 bulan kedepan, berdasarkan hasil riset pihaknya dalam whitepaper bertajuk Pasar Mobil Bekas Indonesia di Era New Normal yang belum lama ini diluncurkan menunjukan bahwa sebagian besar permintaan penjualan mobil sebenarnya tidak hilang, melainkan tertunda.

“Apalagi preferensi konsumen cenderung memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan transportasi umum, hal ini agar lebih mudah menjaga kebersihan dan kesehatan diri dengan lebih cermat. Pelanggan juga cenderung memilih mobil bekas dikarenakan realokasi dana untuk kepentingan lain di era new normal ini,” katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat, 7 Agustus 2020.

Program Auto Cashback 1.7 Juta dari OLX Autos

Melihat animo masyarakat yang berangsur membaik terhadap pasar mobil bekas sekaligus untuk menyemarakkan perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus nanti, OLX Autos pun menggelar Program Auto Cashback 1.7 Juta.

“Program Auto Cashback 1.7 Juta ini berlaku khusus untuk konsumen yang menjual mobilnya dalam periode 6-20 Agustus 2020 melalui home inspection dan inspection center OLX Autos yang tersebar di 7 kota yakni Jabodetabek, Bandung, Medan, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Bali,” ungkap Ichmeralda.

“Auto Cashback 1.7 Juta akan langsung diberikan untuk setiap penjualan mobil di OLX Autos dalam periode tersebut dengan minimal transaksi Rp 100 juta,” tambah dia.

Selain itu, untuk seluruh konsumen yang pernah menjual mobilnya lewat OLX Autos juga berkesempatan mendapatkan Auto Cashback Rp1,7 Juta dengan cara memberikan testimoni dan posting di akun Facebook dan/atau Instagram masing-masing, serta berikan hashtag #auto17an. Lima orang pemenang akan dipilih setiap minggunya berdasarkan isi testimonial yang paling menarik.

“Kami harap kegiatan ini semakin menggelorakan minat konsumen di pasar mobil bekas dan semakin mendorong pemulihan pasar mobil bekas ke arah yang semakin baik. OLX Autos sendiri hadir dengan semangat memberikan layanan jual mobil instan, aman dan nyaman,” tutup Ichmeralda. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.