Daihatsu Beri Pelatihan Guru SMK di Yogyakarta via Daring

OTO Mounture — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali menggelar program corporate social responsibility (CSR) di bidang pendidikan melalui salah satu pilarnya, Pintar Bersama Daihatsu. Kali ini, ADM mewujudkannya melalui pelatihan secara virtual kepada ratusan guru SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) binaan se-Yogyakarta pada 24 Juni 2021.

Dalam pelatihan virtual ini, Daihatsu memberikan sharing seputar teknologi terbaru, mulai dari pengenalan fungsi, mekanisme kerja komponen, troubleshooting, serta pengenalan fasilitas produksi Daihatsu dalam membuat kendaraan yang rendah emisi dan ramah lingkungan.

Section Head Service Training Department PT ADM, Aji Prima Barus Nurcahya, mengatakan pelatihan ini merupakan salah satu wujud kontribusi Daihatsu dalam program vokasi dan industri (ADM) untuk meningkatkan link and match antara sekolah dengan dunia industri sebagai komitmen pihaknya dalam mencerdaskan bangsa.

“Daihatsu berharap, para guru SMK dapat meneruskan pengetahuan ini kepada siswa di sekolahnya, sehingga para siswa dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan siap terjun langsung ke dunia industri,” katanya melalui keterangan resmi.

Pada pelatihan ini, Daihatsu memberikan sharing teknologi fitur seperti HSA (Hill Start Assist), Power Door Lock, Back Sonar, Automatic Light Control, Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Control (VSC), Around View, dan A.S.A (Advanced Safety Assist).

Pada Hill Start Assist, fitur ini dapat mencegah mundurnya mobil saat berada di tanjakan dan dalam kondisi stop & go dengan memberi waktu selama 3 detik saat memindahkan posisi kaki dari pedal rem ke pedal gas sehingga pengemudi tidak khawatir mobil akan mundur.

Sedangkan untuk fitur Power Door Lock, kunci pintu dapat secara otomatis mengunci ketika kecepatan 20km/jam. Back sonar, membantu pengguna untuk mengetahui posisi jarak mobil dengan objek luar di belakang mobil ketika bermanuver mundur.

Ketika switch dimmer diposisikan “Auto”, Automatic Light Control mengatur secara otomatis hidup/mati lampu kendaraan sesuai dengan karakter pencahayaan Terang/Redup/Gelap.

Pada Emergency Stop Signal (ESS), lampu hazard akan berkedip ketika mengerem mendadak, bertujuan memberi tanda pengemudi dibelakangnya agar lebih berhati-hati, serta Vehicle Stability Control (VSC) yang berperan mencegah Over Steer dan Under Steer ketika berbelok sehingga aman saat berkendara.

Daihatsu juga memberikan fitur Around View yang menampilkan gambar dari 360 derajat sudut kendaraan, sehingga tetap aman ketika parkir, serta membantu memudahkan pengendara ketika melewati dan berpapasan dengan pengendara lain di jalanan yang sempit.

Tak hanya itu, Daihatsu juga berikan sharing fitur keselamatan canggih terkini dan spesial di kelasnya, yakni A.S.A (Advanced Safety Assist). Fitur ini bekerja dengan menggunakan sensor yang terdapat pada stereo camera di kaca depan yang dapat mendeteksi objek di depan mobil, lalu memberikan peringatan jika mobil dalam potensi bahaya.

Fitur A.S.A memiliki 6 fungsi masing-masing, yaitu Pre-Collision Warning, Pre-Collision Braking, Pedal Misoperation Control, Front Departure Alert, Lane Departure Warning, dan Lane Departure Prevention.

Pada training ini, Daihatsu juga memperkenalkan teknologi pada fasilitas produksi Daihatsu yang comply hingga Euro 6, dan disesuaikan dengan regulasi kendaraan tiap negara. Fasilitas ini merupakan komitmen Daihatsu dalam memproduksi mobil dengan emisi rendah, dan ramah lingkungan dengan menerapkan “Green Technology” melalui penggunaan Super Intelligent Catalyst, penerapan platform terbaru DNGA (Daihatsu New Global Architecture), serta material komponen yang ramah lingkungan. (OM/RIL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.