Alasan Mitsubishi Tidak Pasang Panoramic Roof di XForce

Foto: OTO Mounture/Luchito Sangsoko

OTO Mounture — Mitsubishi XForce yang diluncurkan pada Agustus 2023 lalu menghadirkan desain hingga fitur unggulan yang tidak bisa diremehkan.

Kendati demikian, Mitsubishi XForce memang belum melengkapi kendaraan bergenre sport utility vehicle (SUV) 5 penumpang itu dengan panoraic roof seperti halnya produk-produk dari kompetitornya.

Adapun tidak terpasangnya panoramic roof di Mitsubishi XForce bukan tanpa alasan. Hal itu dikatakan Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Atsushi Kurita di sela acara Media Test Drive Mitsubishi XForce di Yogyakarta.

Menurutnya, pemasangan panoramic roof di Mitsubishi XForce bisa saja dilakukan oleh pihaknya, sebab di beberapa produknya telah terbenam sunroof ataupun panoramic roof, seperti Outlander ataupun Pajero Sport.

BACA JUGA: Rayakan HUT ke-20, Forwot Gelar Touring dan Diskusi

Oleh karenanya, kata dia, secara teknikal pihaknya tidak punya kesulitan untuk memasang sunroof atau panoramic roof di produk-produknya.

“Alasan mengapa kami tidak pakai (panoramic roof) di XForce, karena kami memiliki sistem audio premium dari Yamaha. Untuk mendapatkan performa yang baik dan ruangan yang nyaman akan sangat mungkin tanpa panoramic roof,” katanya.

Begitu juga, lanjut Kurita, dengan ruangan yang lebih lega, maka pihaknya memilih untuk tidak memasang panoramic roof tersebut di XForce.

“Kami juga ingin mobil ini (XForce) punya efisiensi bahan bakar yang baik. Kami punya mobil yang sudah dilengkapi dengan panoramic roof dan konsumsi bahan bakarnya sedikit terpengaruh karena penggunaan panoramic roof,” tuturnya.

Selain itu, Mitsubishi beralasan pemasangan panoramic roof juga akan berpengaruh pada head clearance yang ada di mobil.

BACA JUGA: Chery Gelontorkan Investasi Rp250 Miliar di Indonesia untuk Produksi Omoda E5

“Jika ada panoramic roof, maka ruangan kepala di mobil akan menjadi berkurang. Jadi lebih pendek. Ini alasan kenapa kami tidak memasang panoramic roof,” jelas Kurita.

Kendati demikian, lanjut Kurita, pihaknya sedang melakukan studi mengenai seberapa diperlukannya pemasangan panoramic roof di Mitsubishi XForce.

Jika memang diperlukan (pemasangan panoramic roof) ke depannya, kami bisa saja memasangnya. Hanya saja itu akan sangat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar. Selain itu kami juga mempelajari apakah Yamaha audio akan terpengaruh oleh kondisi pemasangan panoramic roof,” tutupnya.

(om/ls)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *