PO SAN Luncurkan 10 Bus Baru, Gunakan Sasis Mercedes-Benz OH 1526

OTO Mounture — Merayakan Hari ulang tahun (HUT) ke-33, Perusahaan Otobus Siliwangi Antar Nusa (PO. SAN) meluncurkan 10 unit bus terbarunya besutan Mercedes-Benz OH 1526. Kehadiran bus baru ini disebut sebagai bentuk komitmen PO. SAN dalam menyediakan armada yang aman dan nyaman khususnya dalam menyambut angkutan Lebaran 2023.

“Kami bersyukur di tengah kondisi pasar yang penuh tantangan, PO. SAN dapat terus mewujudkan komitmennya sebagai perusahaan oto bus yang terus menjawab kebutuhan masyarakat akan angkutan darat yang aman dan nyaman,” ujar Direktur Utama PO. SAN, Kurnia Lesani Adnan atau akrab disapa Sani melalui keterangan resmi.

Kehadiran 10 bus terbaru ini melanjutkan kehadiran 6 bus baru lainnya pada 2022 lalu. Ke-10 bus baru Mercedes-Benz OH 1526 ini akan digunakan untuk melayani rute Dumai – Solo (lintas Timur Sumatera – full Tol Trans Jawa) di kelas AC bisnis sebagai bentuk peremajaan unit-unit lama yang sudah paripurna.

“PO. SAN menyadari betul bagaimana masukan dan kritik dari para penumpang setianya dapat mendorong perubahan yang positif. Sehingga kami sangat menghargai segala bentuk masukan yang terstruktur kepada manajemen PT SAN Putra Sejahtera,” ungkap Sani.

Kerja sama dengan berbagai pihak dijalin erat oleh manajemen PT SAN Putra Sejahtera baik dengan pihak karoseri Adi Putro (Malang) dan Laksana (Semarang), pendingin SongZ, sistem telematika TransTrack.ID, bangku AMG (Malang) dan pihak pembiayaan Bank Syariah Indonesia.

Hal ini disebut dilakukan secara sinergi dalam melahirkan inovasi hingga pelayanan prima bagi seluruh pelanggan bus PO. SAN yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan selama perjalanan.

BACA JUGA:

PO SAN Luncurkan 4 Bus Baru dan Aplikasi Pembelian Tiket

PO Transport Express Luncurkan 8 Armada Baru, Gunakan Hino Bus RM 280

Adapun sasis bus Mercedes-Benz OH 1526 ini didukung PT Citrakarya Pranata (CKP) Bandung, yang merupakan perusahaan jasa dibidang penjualan dan purna jual kendaraan Mercedes Benz termasuk sasis dan truk.

Presiden Direktur PT Citrakarya Pranata (CKP), Agustinus Hariyadi, mengatakan unit Mercedes-Benz OH 1526 memiliki daya tahan terbaik di kelas Mercedes Benz dan biaya perawatannya juga sangat ekonomis serta konsumsi solar lebih irit.

“Hal ini seiring Mercedes-Benz OH 1526 dilengkapi engine management system baru yakni pengaturan daya dan torsi yang sudah ditingkatkan. Daya maksimumnya adalah 194 kW (260 HP) pada 2.200 rpm. Torsinya besar yakni maksimumnya 950 Nm yang bisa dicapai pada 1.200-1.600 rpm,” ungkap dia.

Adapun sasis Mercedes-Benz OH 1526 bertipe ladder frame disebut sudah dikenal kuat dan lentur. Untuk kaki-kakinya masih menggunakan per daun di ke-4 rodanya, hanya saja sudah disesuaikan yakni dengan menambahkan stabilizer dan shock absorbser sehingga bus tetap stabil ketika harus menikung di jalan.

Agustinus, menjelaskan bahwa dengan keunggulan dari pembaharuan teknologi di Mercedes Benz OH 1526 ini akan semakin memberikan keamanan dan kenyaman penumpang.

“Untuk mendukung primanya bus terbaru milik PO. SAN ini, begitu selesai dari karoseri, CKP langsung melakukan Pre Delivery Inspection, atau pemeriksaan kendaraan sebelum diserahkan ke PO. SAN,” tuturnya.

Pada kesempatan sama, Wakil Direktur PO. SAN Kurnia Lesari Adnan yang akrab disapa Sari, mengatakan PO. SAN akan terus meningkatkan layanan optimal bagi pengguna, selain mendatangkan bus terbaru dengan teknologi terkini, juga menyediakan platform pemesanan tiket yang mempermudah penumpang yakni Buzzit.

“Aplikasi Buzzit memberikan efisiensi bagi PO SAN dalam penerapan penjualan tiket karena bekerjasama dengan berbagai Online Travel Agent (OTA) juga. Selain itu, Buzzit ini juga sangat bermanfaat bagi pelanggan karena memberikan efisiensi waktu dan kepastian terutama dalam pemesanan tiket dimana penumpang dapat dengan leluasa menentukan bangku yang di inginkan sesuai ketersediaan,” kata dia.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa sejak 20 Februari 2023 kemarin, SAN telah membuka penjualan tiket untuk Angkutan Hari Raya Idulfitri bagi penumpang yang akan mudik ke Sumatera dari Jawa dan sebaliknya. (OM/RIL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *