Daihatsu Beri Edukasi ke Mahasiswa Binus ASO

Fasilitas R&D Center PT Astra Daihatsu Motor yang berlokasi di Karawang, Jawa Barat (Foto: dok. ADM)

OTO Mounture — PT Astra Daihatsu Motor (ADM) ikut berpartisipasi pada peluncuran program studi terbaru di Universitas Binus ASO School of Engineering, yaitu Business Engineering yang dihelat pada Kamis, 24 Februari 2022 secara virtual.

Acara bertajuk We Prepare Future Leaders for the Society 5.0 itu disebut bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih kompeten dalam menghadapi persaingan global dan regional, khususnya pada ASEAN Economic Community (AEC), serta diharapkan dapat melahirkan inovasi di era society 5.0 ini.

R&D Product Planning Executive Coordinator Division PT ADM, Meddy Hamdhani, mengatakan Daihatsu mengucapkan selamat atas peluncuran program studi terbaru Business Engineering di Binus ASO School of Engineering.

“Melalui sharing ini, kami berharap para peserta mendapat insight gambaran besar proses pengembangan kendaraan secara keseluruhan, serta dapat meningkatkan kompetensi dan lebih kompetitif dalam menghadapi persaingan global,” katanya melalui keterangan resmi.

Pada sesi ini, ADM melalui tim R&D (Research and Development) berkesempatan memberikan sharing tentang tahapan pembuatan dan pengembangan mobil di Daihatsu bertema ‘How To Make a Car’.

Pengembangan kendaraan di Daihatsu terbagi menjadi empat tahap besar, yaitu dimulai dari product planning, styling, engineering, dan test & validation.

Pada tahap product planning, Daihatsu mengawalinya dengan melakukan survei pasar, kondisi lingkungan, dan menentukan spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

Selanjutnya pada styling process, dari hasil analisa pasar Daihatsu mewujudkannya melalui pembuatan sketsa gambar, clay modeling, dan perwujudan data tiga dimensi.

Kemudian pada tahap engineering desain mobil yang telah dibuat sebelumnya diwujudkan menjadi gambar teknik untuk menerapkan desain konstruksi terbaik pada setiap bagian, serta diwujudkan dengan pembuatan prototype untuk diuji coba.

Lalu pada test & validation, produk prototype tadi diuji performa, kekuatan, keamanan, dan ketahanannya untuk memastikan mobil yang telah dibuat sesuai dengan kondisi Indonesia dan berkualitas global.

Daihatsu sendiri memiliki fasilitas R&D Center terlengkap dan terbesar di Indonesia, dan berlokasi di Kawasan Industri Suryacipta, Karawang, Jawa Barat.

R&D Center Daihatsu memiliki fasilitas Design Center, Engineering Center, serta Test Course lengkap yang memiliki 24 macam tipe jalan yang mewakili kondisi jalanan di Indonesia dengan luas total sebesar 25 hektare.

Pembangunan R&D Center ini diklaim juga merupakan komitmen Daihatsu dalam meningkatkan industri otomotif Tanah Air sekaligus menyiapkan ADM sebagai production base dan product base Daihatsu di Indonesia, serta menjadi aset nasional yang membanggakan. (OM/RIL)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *